Sejarah Gedung Bundar di Lapangan Kebumen Cirebon yang Bakal Direvitalisasi Pemerintah, Dulu Menara Pengawas

Sejarah Gedung Bundar di Lapangan Kebumen Cirebon yang Bakal Direvitalisasi Pemerintah, Dulu Menara Pengawas

Sejarah Gedung Bundar di Lapangan Kebumen Kota Cirebon yang diduga dibangun awal tahun 1900-an.-Dokumen-radarcirebon.com

BACA JUGA:Pendaftaran Volunteer PON XXI Aceh-Sumut Sudah Dibuka, Bagi yang Minat Bisa Cek Link Dibawah Ini

Mula-mula dibangun Resident Kantoor (Kantor Residen) pada tahun 1841. Kemudian kanal-kanal pertahanan yang dahulu mengelilingi benteng diuruk pada tahun 1855. Sekarang menjadi Jalan Merdeka, Jalan Talang, dan Jalan Pabean di pintu utama Pelabuhan Cirebon.

Berdasarkan peta lama Cheribon 1931 dalam buku Atlas Maior, Java-Madoera-Java Maior halaman 266-269 masih dapat ditelusuri tata ruang Keboemen Plein saat itu.

Gedung Resident Kantoor sebagai pusat pengendalian pemerintahan tertingi di wilayah Karesidenan Cirebon merupakan bangunan dengan pilar-pilar besar yang kokoh dibangun di sebelah timur Keboemen Plein.

Di depan Residen Kantoor ke arah timur menyeberang Jalan Cangkol (Jl Yos sudarso) berhadapan dengan Post Kantoor (Kantor Pos Besar).

BACA JUGA:KUA Bakal Bertransformasi Menjadi Pusat Pelayanan Semua Agama

Saat itu di depan Post Kantoor masih terdapat jaringan Rel SCS dari Pelabuhan Cirebon menuju gudang besar di sebelah selatan  Post Kantoor.

Di sebelah utara Post Kantoor ke arah pintu utama pelabuhan berderet beberapa gedung-gedung yaitu : Javasche Bank (Bank Indonesia Cirebon), Societeit Phoenik, Water Staatskantor (Riol Ade Irma Suryani Nasution).

keboemen Plein menjadi poros ruang yang sekitarnya dikelilingi gedung-gedung pemerintahan dan bangunan kantor lainnya. Koordinator Asosiasi Museum Indonesia Jabar Wilayah III Cirebon itu menyebutkan, Keboemen Plein dibangun tidak lazim sebagai mana denah alun-alun tradisional.

Bentuknya segitiga tak beraturan yang dikelilingi akses jalan di Keboemen Plein, yang menuju ke arah utara yaitu Jalan Pabean.

BACA JUGA:Mau Nonton MotoGP 2024 Langsung di Mandalika? Buruan Pesen Tiketnya Sekarang!

Saat itu Keboemen Plein adalah lapangan yang bersih dan  asri dengan pepohonan yang rindang, terdapat juga tiang lampu taman listrik antik yang menerangi di malam hari.

Kawasan tersebut aktivitasnya dipantau oleh pos pengawas (sekarang Gedung Bunder). Di sebelah Selatan Keboemen Plein terdapat Jalan Kebumen yang memanjang dari arah barat-timur terdapat deretan beberapa gedung yaitu: Europese School (sekarang SMP Negeri 16 dan SMP Negeri 14 Kota Cirebon), Gedung PT Tjipta Niaga, dan Gereja Kristen Pasundan.

Adapun di sebelah selatan Keboemen Plein (Jalan Palang Merah) mengarah ke Jalan Pabean terdapat beberapa gedung yaitu: Lands Kas dan Kadaster (kini kantor KPU), Inlandse School (sekolah Pribumi), Politie Kazerne (Barak Polisi).

Di sisi timur, Societeit Phoenix yang dulu menjadi tempat sosialita bergaul. Gedung ini juga rata dengan tanah. Yang tidak kalah miris adalah kondisi Gedung Pompa Riol Ade Irma Suryani Nasution.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: