8 Nama-Nama Sayuran yang Menyehatkan dan Wajib Dikonsumsi

8 Nama-Nama Sayuran yang Menyehatkan dan Wajib Dikonsumsi

Nama-Nama Sayuran yang Menyehatkan-Foto : fimela.com-radarcirebon.com

Sayuran dalam arti sekunder berarti “bagian yang dapat dimakan dari tumbuhan”. Definisi yang lebih tepat mengenai sayuran adalah “setiap bagian tanaman yang dapat dikonsumsi sebagai makanan, kecuali buah atau biji, tetapi termasuk buah matang yang dimakan sebagai makanan utama”.

Selain dari definisi itu, jamur yang dapat dikonsumsi (seperti jamur pangan) dan rumput laut, sering dikelompokkan sebagai sayuran, walaupun bukan bagian dari tumbuhan.

Dalam dunia kuliner, buah-buahan, meskipun mengandung banyak air, secara eksklusif dianggap terpisah dari kelompok sayur-sayuran, terutama bagi buah-buahan yang rasanya manis.

Definisi buah dalam dunia kuliner berbeda dengan buah dalam ilmu botani, sehingga beberapa makanan yang termasuk buah menurut ilmu botani dianggap sebagai sayur dalam kuliner. Beberapa makanan tersebut sebagai contoh adalah terung, paprika, dan tomat.

Biji-bijian dan sebagian dari kacang-kacangan juga dianggap sebagai terpisah dari sayur-mayur. Beberapa bagian tumbuhan yang dapat digunakan sebagai sumber pengobatan, bumbu masak, atau rempah-rempah juga terkadang (tapi tidak semua) dianggap terpisah dari sayur-sayuran.

Dikarenakan tradisi dan cara penyajian makanan yang berbeda di setiap negara, penggolongan sayur-mayur juga berbeda di masing-masing negara, misalnya avokad yang sering dianggap sebagai sayur di negara-negara Barat karena sering menjadi pendamping selada, tetapi dianggap buah di Indonesia karena sering dibuat sebagai jus.

8 Nama-Nama Sayuran yang Menyehatkan

1. Bayam

Bayam (Amaranthus) adalah tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. Tumbuhan ini berasal dari negara-negara tropis di Amerika Selatan, tetapi saat ini telah tersebar ke seluruh dunia. Tumbuhan tersebut dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting bagi tubuh.

Kandungan besi yang terkandung di dalam bayam relatif lebih tinggi daripada sayuran daun lain, sehingga berguna bagi penderita anemia.

Bayam memang sangat mudah ditemukan dan diolah ke dalam aneka masakan. Bayam hijau di Indonesia memiliki dua varian, yaitu bayam petik dan bayam cabut.

Bayam petik biasanya sering dijadikan campuran lalapan (gado-gado, urap, atau pecel), sedangkan bayam cabut sering diolah menjadi sayur bening.

Bayam petik biasanya berasal dari jenis Amaranthus hybridus, sedangkan bayam cabut diambil dari Amaranthus tricolor. Jenis-jenis bayam lainnya yang juga dimanfaatkan adalah Amaranthus spinosus (bayam duri) dan Amaranthus blitum (bayam kotok).

2. Brokoli

Brokoli (Brassica oleracea) adalah kultivar dari spesies yang sama dengan kubis dan kembang kol, yaitu Brassica oleracea.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: