Dukung Kolintang Jadi Warisan Budaya Unesco

Dukung Kolintang Jadi Warisan Budaya Unesco

omandan Lanal Cirebon, Letkol Laut (P) Ridwansyah saat menerima kunjungan Ketua Umum DPP Persatuan Insan Kolintang Nasional (Pinkan) Indonesia, Penny Iriana Marsetio dan jajarannya, di Mako Lanal Cirebon, Rabu (21/2/2024). -KHOIRUL ANWARUDIN-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cirebon berkomitmen mendukung Kolintang sebagai alat musik etnik khas Nusantara mendapatkan pengakuan UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Dunia.

Hal tersebut disampaikan Komandan Lanal Cirebon, Letkol Laut (P) Ridwansyah saat menerima kunjungan Ketua Umum DPP Persatuan Insan Kolintang Nasional (Pinkan) Indonesia, Penny Iriana Marsetio dan jajarannya, di Mako Lanal Cirebon, Rabu (21/2/2024).

Dalam kunjungan itu, rombongan DPP Pinkan Indonesia disambut dengan meriah oleh penampilan grup musik Kolintang Sarwajala  Lanal Cirebon.

Danlanal Cirebon Letkol Laut (P) Ridwansyah bersama dengan Ketua Cabang 8 Korcab III DJA I, Bunga Ridwansyah menyatakan komitmennya untuk mendukung kolintang sebagai warisan budaya dunia oleh Unesco. Pasalnya, kolintang merupakan salah satu alat musik asli Nusantara yang harus dijaga dan dilestarikan.

BACA JUGA:Pengda INI Kabupaten Cirebon Gelar Konferda, Jaenudin Umar dan Ramly Yusuf Angkat Bersaing

Selain itu, dalam kunjungan tersebut juga dilakukan penandatanganan MOU sekaligus penyerahan alat musik kolintang oleh Ketua DPP Pinkan kepada Ketua Cabang 8 Korcab III DJA I Lanal Cirebon selaku pimpinan Grub musik Kolintang Sarwajala Lanal Cirebon.

Ridwan menyampaikan rasa bangga dan apresiasinya atas pemberian alat musik Kolintang kepada Lanal Cirebon.

"Kami berharap dengan adanya alat musik Kolintang, kedepannya Lanal Cirebon dapat tampil dalam setiap momen untuk menghibur dan mengenalkan alat musik tersebut kepada masyarakat, khususnya dapat tampil mengikuti event lomba musik Kolintang sampai ke tingkat Nasional, " Harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPP Pinkan Indonesia juga menyampaikan bahwa dengan melakukan penandatanganan MoU dan pemberian alat musik kolintang kepada Lanal Cirebon tersebut diharapkan dapat mengenalkan alat musik kolintang kepada seluruh lapisan masyarakat. Alat musik kolintang, katanya adalah milik bangsa Indonesia yang berasal dari Kota Minahasa, Sulawesi Utara.

BACA JUGA:Lawatan ke Vietnam, Timnas Indonesia Pakai Jet Pribadi

"Saat ini alat musik Kolintang sedang diajukan ke UNESCO untuk mendapatkan pengakuan bahwa alat musik  tersebut asli berasal dari Minahasa sehingga tidak mudah untuk diakui oleh negara lain," Katanya. (awr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: