Penanganan Banjir di Kota Cirebon, BBWS Cimancis Usul Instansi hingga Perumahan Punya Kolam Retensi

Penanganan Banjir di Kota Cirebon, BBWS Cimancis Usul Instansi hingga Perumahan Punya Kolam Retensi

Jl dr Cipto Mangunkusumo salah satu titik banjir di Kota Cirebon yang memerlukan penanganan.-Yuda Sanjaya/Dok-radarcirebon.com

BACA JUGA:Biasa Panen 4 Kwintal Sekarang 20 Kg, Petani Cabai asal Kuningan Tidak Kapok

Dwi menambahkan bahwa penanganan banjir di Kota Cirebon tidak hanya dapat diselesaikan di kota itu sendiri. Sebaliknya, harus dicari solusi di luar kota.

Untuk masa depan, Dwi menyatakan bahwa BBWS akan melakukan kajian lebih lanjut, termasuk pembuatan long storage untuk menahan aliran air dari sungai-sungai yang menuju Kota Cirebon.

Seperti diketahui, banjir menjadi masalah bagi Kota Cirebon meski durasinya tidak terlampau lama. Terutama yang disebabkan oleh masalah drainase.

Salah satu permasalahan banjir yang belum terpecahkan ada di Jl Terusan Pemuda, Jl Pemuda, Jl dr Sudarsono, Jl dr Cipto Mangumkusumo dan ruas jalan di sekitarnya.

BACA JUGA:Dukung Kolintang Jadi Warisan Budaya Unesco

Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (DPUTR) sebenarnya pernah mewacanakan penggunaan saluran air yang dibangun pada zaman Pemerintah Kolonial Belanda.

Kabarnya, saluran air tersebut berada di bawah Jl dr Cipto Mangunkusumo yang mengalir ke laut via Jl Arya Kemuning.

Kendati demikian, normalisasi dan penggunaan saluran ini tentu masih memerlukan kajian lebih lanjut. Mengingat jaringan terebut belum terpetakan dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: