Kenalkan Seni Wayang Kulit, Siswa SDN Kalijaga Permai Desa Wisata Gegesik

Kenalkan Seni Wayang Kulit, Siswa  SDN Kalijaga Permai Desa Wisata Gegesik

SDN Kalijaga menggelar Sinau Wisata Desa Wisata Gegesik Kulon, Minggu, (3 /3/2024).-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Memperkuat Profil pelajar dengan nilai-nilai Pancasila, dan mengenalkan kearifan lokal tentang Wayang Kulit Cirebon, SDN Kalijaga menggelar Sinau Wisata.

Sinau Wisata yang diikuti 28 siswa kelas 5C SDN Kalijaga Permai ini  mengunjungi Desa Wisata Gegesik Kulon, Minggu, (3 /3/2024), dan bertemu dengan Sawiyah salah satu tokoh budayawan Wayang Kulit Kabupaten Cirebon.

Di Desa Wisata Gegesik Kulon, para siswa belajar tentang asal usul Wayang Kulit, jenis-jenis Wayang Kulit, nilai filosofis yang terkandung di dalamnya, serta mendengarkan pemaparan tentang proses pembuatan Wayang Kulit Cirebon.

Mereka (siswa) didampingi Wali Kelas 5c Ibu Malahayati dan orang tua siswa yang turut serta dalam kegiatan ini diterima dengan  baik oleh staf Balai Desa Gegesik Kulon.

BACA JUGA:Stadion Watubelah Cirebon Terbakar, Api Lahap Ornamen Mega Mendung

“Kegiatan Sinau Wisata dengan tema kearifan lokal ini, untuk mengenalkan siswa kepada kearifan lokal wayang kulit, menumbuhkan kecintaan terhadap budaya Indonesia, dan memperkuat nilai-nilai Pancasila dari kearifan lokal yang ada. Jadi tidak perlu jauh-jauh untuk belajar tentang wayang, karena di Cirebon sendiri sudah memiliki budaya Wayang Kulit asli Cirebon yang patut kita banggakan,"ungkap Try Daroji salah satu orang tua siswa.

Setelah mengunjungi Desa Wisata Gegesik, perjalanan dilanjutkan ke Grage Sangkan Kuningan untuk mengikuti kegiatan Outbond Cinta Tanah Air.

Dalam program ini, anak-anak dilibatkan secara langsung untuk mengikuti proses membatik di Tote Bag yang telah disediakan penyelenggara. Hasil membatiknya pun dapat dibawa pulang oleh anak-anak sebagai kenang-kenangan.
(rdh)

BACA JUGA:Dangdeur Beunghar, Pohon Keramat di Desa Kamarang Tingginya Tidak Pernah Bertambah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: