WOW! Ekstrak Daun Jamblang Berpotensi Jadi Kandidat Obat Anticovid

WOW! Ekstrak Daun Jamblang Berpotensi Jadi Kandidat Obat Anticovid

Daun dan buah jamblang.--

Dalamn ringkasan hasil risetnya, diimpulkan 3CL Protease dari SarsCov2 dapat diekspresikan pada galur bakteri E.coli via pendekatan DNA sintesis, dengan sebagian besar produk gen adalah protein soluble. Produksi, purifikasi, dan karakterisasi 3CL Pro rekombinan telah dilakukan.

"Dengan menggunakan 3CL Pro ini sebagai protein target, didapatkan data bahwa ekstrak daun jamblang berpotensi tinggi sebagai kandidat obat anticovid," jelasnya.

BACA JUGA:Astra Daihatsu Gulirkan Program DAIFIT

BACA JUGA:Beef Wellington Sajian Andalan Berbuka di The Luxton Hotel Cirebon

"Enzim 3CL Pro ini juga digunakan sebagai protein target dalam proses skrining senyawa aktif anticovid dari 1000 isolat bakteri Actinomycetes asal Indonesia, di mana didapatkan enam isolat potensial mengandung senyawa aktif anticovid," lanjutnya.

Sementara itu, PL Protease dari SarsCov2 dapat diekspresikan dengan baik di bakteri E.coli setelah melalui optimasi kodon dan fusi dengan Maltose binding protein. Produksi, purifikasi, dan karakterisasi PL Pro rekombinan juga telah dilakukan.

"Dengan menggunakan PL Pro ini sebagai protein target, didapatkan data bahwa ekstrak daun jamblang berpotensi tinggi sebagai kandidat obat anticovid," terangnya.

BACA JUGA:Langgar Kode Etik Polri, Polres Ciko Pecat 3 Personil dengan Tidak Hormat

Dia menambahkan, 3CL protease dan PL protease yang telah diproduksi via DNA sintesis ini menjadi protein target pencarian senyawa aktif yang berasal dari ekstrak herbal ataupun ekstrak isolat mikrob Indonesia.

Protease berperan penting dalam replikasi dan pembentukan virus baru Covid-19. Penghambatan aktivitas protease menjadi tujuan utama inhibitor protease yang digunakan sebagai obat antivirus. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase