Agar Puasa Ramadan Bikin Tubuh Sehat, Kata Pakar Kesehatan Asal India Begini Treatment-nya

Agar Puasa Ramadan Bikin Tubuh Sehat, Kata Pakar Kesehatan Asal India Begini Treatment-nya

Tips sehat dalam mengonsumsi makanan sebagai penopang puasa Ramadan.-Sami Abdullah-pexels.com

Ketiga, mengontrol kalori yang masuk ke tubuh. Makanan yang digoreng dan makanan manis memberi lebih banyak kalori pada tubuh, sehingga dapat menyebabkan naiknya berat badan hingga naiknya kadar gula darah jika dikonsumsi secara berlebih.

Oleh karena itu, cobalah untuk mengonsumsi lemak sehat dan menjaga asupan makanan manis. 

Daripada menggoreng, disarankan untuk mencoba metode memasak lain yang lebih minim menggunakan minyak, seperti mengukus, memasak dengan saus, menggoreng dengan sedikit minyak, dan memanggang.

BACA JUGA:Selama Libur Nyepi dan Awal Ramadan 2024, Sebanyak 706 Ribu Kendaraan Melintas Tol Tangerang-Merak dan Cipali

Keempat, mengontrol porsi makanan. Selama bulan Ramadan, sebaiknya tidak mengonsumsi makanan berlebihan, baik sebelum atau sesudah puasa.

Supaya tubuh memahami bahwa dirinya sudah kenyang, biasanya diperlukan waktu 20 menit untuk mengetahuinya. 

Oleh karena itu, konsumsilah makanan dengan penuh kesadaran dan pemahaman saat rasa lapar agar tubuh tidak terlalu kenyang.

Dengan makan penuh kesadaran (mindfulness), hal ini dapat membantu mengurangi stres dan menyediakan energi berkelanjutan untuk berpuasa, jika dibandingkan dengan makan dalam jumlah besar sekaligus.

BACA JUGA:Bulan Ramadan, Kanselir Jerman: Genjatan Senjata Antara Israel dan Palestina Segera Dilakukan

Kelima, menyantap makanan sahur dengan gizi seimbang. Mulailah hari dengan santapan sahur bergizi yang mencakup karbohidrat kompleks, seperti biji-bijian, otmeal, protein (kacang-kacangan, produk susu rendah lemak, ayam, telur, dan lemak sehat dari salmon), hingga alpukat yang dapat menopang tubuh selama berpuasa sepanjang hari.

Selain itu, jangan lupa untuk minum banyak cairan dan memilih makanan kaya cairan, seperti sup agar tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari.

Untuk menu sahur gizi seimbang, ada beberapa sajian yang dapat dicoba, seperti semangkuk oatmeal dengan tambahan biji-bijian dan buah, setangkup roti dengan selai kacang dan irisan buah apel, setangkup roti panggang dengan telur dan sajian buah-buahan, hingga sup sayuran dengan tambahan ayam sebagai protein.

BACA JUGA:Makna Tradisi Drugdag Keraton Kasepuhan Cirebon

Terakhir, konsumsilah tiga buah kurma saat berbuka puasa karena kurma merupakan sumber serat dan dapat memberikan energi dengan cepat. 

Jangan lupa untuk mengonsumsi cairan dalam jumlah cukup, terutama air putih untuk membantu memulihkan keseimbangan cairan dan mencegah dehidrasi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase