5 Buah-buahan dengan Kandungan Gula yang Rendah, Cocok bagi Penderita Diabetes untuk Berbuka Puasa

5 Buah-buahan dengan Kandungan Gula yang Rendah, Cocok bagi Penderita Diabetes untuk Berbuka Puasa

Buah-buahan dengan Kandungan Gula yang Rendah-Foto : rsuppersahabatan.co.id-radarcirebon.com

BACA JUGA:Laksanakan Gaktiblin, Sei Propam Polresta Cirebon Gelar Tes Urine untuk Seluruh Personel

4. Stroberi

Stroberi merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan magnesium. Kandungan vitamin C yang kaya akan antioksidan yang dapat membantu mengurangi komplikasi diabetes dan kandungan magnesium dapat meningkatkan resistensi insulin serta membantu mengendalikan kadar diabetes.

Buah ini termasuk sebagai salah satu buah dengan kadar gula yang rendah karena satu cangkir stroberi hanya mengandung sekitar 7 gram gula saja. 

Hal tersebut membuat buah stroberi cocok dikonsumsi saat berbuka puasa, terutama oleh orang yang sedang menjaga kadar gula darahnya.

5. Jeruk

Jeruk merupakan buah dengan rasa manis yang cocok untuk anda yang ingin diet dengan kadar gula yang sangat rendah. Satu buah jeruk mengandung kurang dari 13 gram gula. 

BACA JUGA:Laksanakan Gaktiblin, Sei Propam Polresta Cirebon Gelar Tes Urine untuk Seluruh Personel

Dari mengkonsumsi buah jeruk tersebut, Anda  akan mendapatkan 3 gram serat dan 70 persen dari nilai harian vitamin C penambah kekebalan tubuh.

Secara umum, jeruk merupakan pilihan buah yang aman bagi penderita diabetes karena indeks glikemik (GI) yang terdapat dalam buah ini rendah hingga sedang sekitar 43. 

Ditambah lagi, buah jeruk memiliki kandungan air yang sangat tinggi sehingga bisa membuat tubuh Anda terhindar dari dehidrasi setelah puasa di bulan Ramadan.

Meskipun buah-buahan mengandung gula alami, buah-buahan tetap merupakan pilihan yang sehat bagi orang yang memperhatikan asupan gulanya.

BACA JUGA:Bupati Imron Serahkan Langsung Laporang Keuangan 2023 ke BPK: Semoga Kembali WTP

Buah-buahan rendah kandungan gula seperti yang telah disebutkan di atas memiliki nilai indeks glikemik rendah yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah sekaligus memberikan nutrisi penting seperti vitamin C, serat, dan antioksidan.

Jika anda adalah seorang penderita diabetes, ada baiknya apabila anda lebih mengonsumsi makanan yang mengandung sayuran, makanan berprotein tanpa lemak, dan makanan yang mengandung sedikit dan mengkonsumsi makanan yang mengandung sedikit lemak akan membuat tubuh anda menjadi lebih sehat untuk membantu anda menjaga kadar gula darah anda. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: