5 Buah-buahan dengan Kandungan Gula yang Rendah, Cocok bagi Penderita Diabetes untuk Berbuka Puasa

5 Buah-buahan dengan Kandungan Gula yang Rendah, Cocok bagi Penderita Diabetes untuk Berbuka Puasa

Buah-buahan dengan Kandungan Gula yang Rendah-Foto : rsuppersahabatan.co.id-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Salah satu rekomendasi makanan untuk berbuka puasa adalah dengan buah-buahan Terdapat beberapa jenis buah dengan kandungan gula yang sangat rendah.

Lebih dianjurkan lagi untuk mengkonsumsi buah buahan ketika berbuka karena dapat membantu menjaga kestabilan gula darah selama menjalankan ibadah puasa.

Fruktosa merupakan jenis kandungan gula alami yang terdapat dalam buah-buahan. Gula alami buah tersebut dapat menyebabkan kenaikan gula darah yang berujung pada hiperglikemia dan diabetes tipe 2.

Pengelolaan diabetes, terutama melalui suntikan insulin atau perubahan gaya hidup sangatlah penting. Pendekatan ini bertujuan untuk mengembalikan kendali kadar glukosa, mengurangi risiko konsekuensi serius.

BACA JUGA:Lebih Dekat Mengenal Beragam Agenda Ramadhan di Masjid Raya Attaqwa, Setiap Hari Sediakan Buka Puasa Bersama

Salah satu cara yang mungkin untuk mencapai hal tersebut adalah dengan mengonsumsi gula yang lebih sedikit untuk membantu penurunan berat badan dan keberhasilan metabolisme glukosa darah.

Dengan demikian, mengonsumsi buah dengan kadar gula yang rendah sangat dianjurkan. Berikut ini 5 buah-buahan dengan gula rendah yang cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes untuk berbuka puasa

1. Pepaya

Pepaya merupakan buah yang mengandung beberapa kandungan nutrisi, termasuk potasium, magnesium, dan antioksidan lainnya.

 Mencampurkan pepaya ke dalam makanan yang anda masak dapat membantu mengurangi risiko terkena diabetes dan resiko terkenan penyakit jantung.

BACA JUGA:Berbuka Puasa Sekaligus Berdonasi di Swiss-Belhotel Cirebon

Pepaya mengandung enzim yang disebut papain dan chymopapain yang membantu memecah karbohidrat, protein, dan lemak menjadi bentuk yang mudah dicerna sehingga mencegah kenaikan kadar gula darah di dalam tubuh.

BACA JUGA:Pertamina EP Jatibarang Field Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Cirebon

Buah ini memiliki indeks glikemik (GI) yang rendah yaitu 60. Hal tersebut berarti bahwa pepaya tidak akan meningkatkan kadar gula darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: