Polri Siap Amankan Rumah Warga Selama Mudik Lebaran 2024

Polri Siap Amankan Rumah Warga Selama Mudik Lebaran 2024

Ilustrasi rumah terkunci-Oleksandr P -pexels.com

Mengunci pintu dan jendela adalah hal yang paling penting dilakukan saat akan meninggalkan rumah. Pintu dan jendela biasanya menjadi jalan utama yang paling memungkinkan masuknya pencuri. 

Selain itu, jangan meninggalkan kunci di bawah pot, keset, atau tempat lainnya karena kunci yang ditinggalkan di tempat-tempat seperti itu sangat mudah ditemukan oleh pencuri.

2. Matikan atau cabut sambungan listrik atau gas

BACA JUGA:Kabar Duka! Artis Senior Donny Kesuma Meninggal Dunia

Korsleting listrik sering kali menjadi penyebab terjadinya kebakaran di rumah. Sebelum pergi mudik, periksa dan matikan semua perangkat elektronik yang ada di rumah. 

Setelah itu, cabut semua colokan yang masih terpasang di stopkontak serta cabut selang gas yang masih terpasang untuk menghindari kebakaran.

3. Pastikan barang berharga tersimpan di tempat terkunci

Sebaiknya simpan semua barang-barang berharga, seperti perhiasan, surat-surat yang penting atau uang di tempat yang memiliki kunci, seperti laci kecil dalam lemari atau safety box. Lalu bawa kunci tersebut agar tidak ada yang bisa membukanya.

4. Lubang pembuangan harus ditutup

Menjaga kebersihan rumah juga merupakan hal penting saat pergi mudik. Hal ini untuk menghindari masuknya hewan-hewan seperti kecoa, tikus, semut dan lain sebagainya.

BACA JUGA:3 Pemain Dicoret, Ini Skuad Lengkap Timnas Indonesia Lawan Vietnam

Mereka yang akan mudik perlu membersihkan seluruh ruangan di rumah dan menutup lubang-lubang pembuangan sebelum pergi. Jangan lupa buang semua sampah yang ada di rumah supaya tidak timbul bau busuk.

5. Buat laporan kepada RT dan Satpam setempat

Calon pemudik disarankan memberi tahu satpam di komplek bahwa akan meninggalkan rumah dalam beberapa waktu. 

Dengan begitu, satpam bisa membantu agar lebih mengawasi rumah setiap harinya selama dia mudik. Laporkan juga pada Ketua RT setempat bahwa rumah kosong sehingga jika ada sesuatu hal buruk yang terjadi, bisa segera ditindaklanjuti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase