KEREN! 9 Siswa SMA Santa Maria 1 Cirebon Lolos PTN Jalur Preatasi, 5 Siswanya Tembus ITB

KEREN! 9 Siswa SMA Santa Maria 1 Cirebon Lolos PTN Jalur Preatasi, 5 Siswanya Tembus ITB

9 siswa SMA Santa Maria 1 Cirebon tembus PTN jalur prestasi-Abdullah-radarcirebon.com

Krishna Ananda Tariono menjelaskan dirinya diterima di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika - Rekayasa (STEI-R) Institut Teknologi Bandung setelah ikut program SNBP mencantumkan raport semester 1-5, melampirkan 3 sertifikat lomba lomba atau pengurus organisasi.

BACA JUGA:Pertama Dengar Adzan di Lapangan Latihan, Ragnar Oratmangoen: Itu Sangat Indah!

Di up load di laman SNBP, proses up load  sampai pengumuman, selama sebulan dari Februari dan diumumkan 26 Maret 2024. "Senang begitu diumumkan apalagi melalui jalur prestasi," kata Krishna.

Menurut Krishna, Jalur prestasi ini lebih meringankan dibandingkan jalur tertulis. Apalagi bisa Mengikuti jejak kakak kelas tahun lalu diterima di ITB yang memiliki minat yang sama di ilmu fisika. "Orang tua senang begitu diumumkan lolos masuk ITB," ujarnya.

Hal senada diungkapkan Eleonora Adinda Wulan Hapsari yang diterima Sastra Inggris Universitas Jenderal Soedirman. Dinda, demikian biasa disapa, bangga bisa lolos ke Unsoed di sastra Inggris. Minat bahasa Inggris sejak SD, apalagi saat SD dirinha sempat homescholling dan sering nonton film bahasa Inggris hingga akhirnya minat bahasa Inggris.

Wakasek Kurikulum, Dra Ridawati Witono mengapresiasi prestasi siswa SMA Santa Maria 1 Cirebon lolos masuk PTN melalui jalur SNBP, apalagi dati 9 siswa yang diterima di PTN jalur prestasi, 60 persennya atau 5 siswa diterima di ITB.

BACA JUGA:Kisah Mualaf Ragnar Oratmangoen, Sering Diajak ke Masjid Ketika Remaja

Jumlah siswa yang diterima PTN tahun ini melalui jalur prestasi ada kenaikan dibandingkan tahun 2023 hanya 8 siswa, tapi tahun 2024 baik menjadi 9 siswa.

Kepala SMA Santa Maria 1 Cirebon, Drs Ongko Sumedi menjelaskN selain jalur SNBP yang berhasil menghantarkan 9 siswa SMA Santa Maria 1 Cirebon lolos jalur prestasi dan 5 diantaranya tembus ITB, ada satu jalur ketua OSIS.

PTN yang membuka jalur ketua OSIS adalah IPB, universitas Brawijaya (Unbraw), tahun kemarin ada yang lolos jalur ketua Osis, maka tahun ini berharap ada juga yang lolos jalur ketua OSIS.

Ongko menyampaikan saat mendaftar jalur prestasi sebenarnya jumlah yang daftar jalur prestasi IPA 24 siswa, IPS 31 siswa. angka ini berdasarkan  kuota 40 persen yang sudah ditentukan oleh PTN, karena SMA Santa Maria terakreditasi A sehingga mendapatkan kuota 40 persen mendaftar melalui jalur prestasi. "IPA yang diterima 5 dan IPS yang diterima 4. Yang masuk ITB 5 siswa semua jurusan IPA," pungkasnya. (abd)

BACA JUGA:1 Wanita 10 Pria, Geng Konten Night Casper Diciduk Polsek Kedawung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: