SPM Pemkot Cirebon Dicairkan Bertahap Sebelum Cuti Bersama

SPM Pemkot Cirebon Dicairkan Bertahap Sebelum Cuti Bersama

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, M Arif Kurniawan ST. FOTO: -Azis Muhtarom-RADARCIREBON.COM

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Pembayaran belanja-belanja kebutuhan Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon, ditargetkan bisa diselesaikan paling lambat di tanggal 5 April mendatang. Atau, di hari terakhir ASN masuk kerja sebelum cuti bersama lebaran.

 

Saat ini, Surat Perintah Membayar (SPM) dari perangkat daerah, sudah mulai diterbitkan dan disalurkan secara bertahap surat permintaan pencairan dana (SP2D), agar bisa dibayarkan sesuai kebutuhannya.

 

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon M Arif Kurniawan ST menjelaskan, pengakuan pencairan dana buat kebutuhan Pemkot Cirebon, selain tunjangan hari raya (THR) buat ASN, juga fokus ke beberapa kebutuhan lainnya yang sudah dipetakan.

BACA JUGA:Polresta Cirebon dan Polres Sekitar Bahas Kelancaran Arus Mudik dan Balik 2024

BACA JUGA:Tegas! Kwarda Pramuka Jabar Tolak Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024

BACA JUGA:Gelar Operasi Pekat Selama Ramadan, Polres Ciko Tangkap Pelaku Kejahatan Ini

 

Kebutuhan-kebutuhan tersebut, yang berkaitan dengan keperluan dasar dan pelayanan dasar. Misalnya, untuk honor pegawai non ASN di seluruh perangkat daerah, agar bisa dibayarkan sebelum lebaran.

 

“Kalau ada honor bulanan non ASN yang belum dibayar. Apaka itu hanya sebulan dua bulan, atau yang dari Januari, harus dibayarkan sekarang karena momennya mau lebaran,” tegasnya.

 

Selain itu, Pemkot Cirebon juga berkeinginan agar para personil lembaga kemasyarakatan kelurahan (LKK) yang menjad bagian dari ujung tombak pelayanan di masyarakat, bisa dicairkan insentifnya sebelum curi bersama libur lebaran.

BACA JUGA:Perkuat Lini Belakang Timnas Indonesia, Calvin Verdonk Sedang Menuju Jalan Naturalisasi

BACA JUGA:Kapolri Minta Dihadirkan dalam Sidang PHPU Pilpres 2024, Tim Pembela Prabowo-Gibran: Kepala BIN Juga

BACA JUGA:Tidak Ada Cuti, DPRKP Kota Cirebon Siagakan Petugas Pertamanan dan Juru Pangkas Pohon

 

“Selain THR honor LKK, honor non ASN honor bulanan yg belum dibayar dari Januar atau Februari. Harus dibayarkan sekarang karena momennya mau lebaran,” ungkapnya.

 

Selain itu, sambung Arif, kebutuhan belanja-belanja lumsum untuk jasa keamanan dan kebersihan kantor perangkat daerah, juga agar bisa dicairkan bertahap, agar tenaga kebersihan dan keamanan yang diperkerjakan pihak ketiga, bisa menuhi kebutuhan mereka jelang lebaran.

 

Selain itu, ada juga kebutuhan oeprsional dan pelayanan dasar lainnya yang mest geta berjalan selama libur lebaran, seperti petugas kebersihan jalan, bisa tetap terlaksanakan.

BACA JUGA:Hati-hati untuk Pemudik, BMKG Memprediksi Hujan Ringan Saat Periode Mudik 2024

BACA JUGA:Klub Liga Eropa Senasib Persija Jakarta, Terkena Hukuman FIFA

 

“Anggaranya Insya Allah perhitunganya cukup. Untuk belanja lain sepert di PUTR pemeliharaan jalan kan sudah berjalan, untuk bantu diprioritaskan untuk dibayarkan,” sebutnya.

 

Untuk gaji reguler ASN bulan April, pihaknya juga siap membayarkannya tepat waktu, bertahap sesuai pengajuan yang sudah disampaikan dari perangkat daerah.

 

“Kebutuhan lainnya di dinas-dinas seperti GU opersional, kebutuhan non ASN dan GU bulan April. Sebelum cuti bersama, mudah-mudahan selesai semua tanggal 5 atau sebelum libur cuti lebaran,” imbuhnya. (azs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase