Monitoring Harga Sembako, Wali Kota Cirebon: Jangan Panic Buying

Monitoring Harga Sembako, Wali Kota Cirebon: Jangan Panic Buying

Pj Wali Kota Cirebon Drs H Agus Mulyadi beserta Forkompinda Kota Cirebon melakukan monitoring ketersediaan stok dan distribusi sembako di Kota Cirebon, Rabu 3 April 2024.-DEDI HARYADI-RADARCIREBON.COM

"Tapi stoknya masih aman. Untuk harga telur dan daging ayam sudah turun, namun cenderung mengalami kenaikan harga menjelang lebaran," ucapnya.

BACA JUGA:Amankan Mudik dan Lebaran, Jabar Gelar Operasi Ketupat Lodaya

BACA JUGA:Grage Mall Hadirkan Late Nite Sale

BACA JUGA:GOW Berbagai Terhadap Sesama

Pj Wali Kota menghimbau masyarakat Kota Cirebon agar tidak melakukan panic buying untuk memenuhi kebutuhannya.

"Belilah kebutuhan sesuai dengan keperluannya ada kondisi panic buying, menimbun atau kekhawatiran adanya kekurangan pasokan harga atau kenaikan harga sembako."

"Kami pastikan semuanya aman dan terkendali untuk kebutuhan pokok masyarakat," katanya.

BACA JUGA:1 Juta Petasan dari Indramayu Akan Dikirim ke Banten, Berhasil Digagalkan Polisi

Sementara itu, berdasarkan pantauan radarcirebon.com di Pasar Jagasatru Kota Cirebon, harga bawang merah kini mencapai Rp 36 ribu per kilogram. Harga ini sudah terjadi sejak seminggu yang lalu.

Harga bawang merah berada di harga Rp18 ribu per kilogram lalu terus naik hingga pernah mencapai Rp26 ribu per kilogram dan sekarang sudah mencapai Rp36 ribu per kilogram. 

Tingginya harga bawang merah ini dikarenakan perubahan masa tanam. Saat ini, sedang terjadi pergeseran dari tanaman bawang merah ke padi yang akhirnya mempengaruhi stok ke pasaran.

BACA JUGA:1 Juta Petasan dari Indramayu Akan Dikirim ke Banten, Berhasil Digagalkan Polisi

Sementara itu, untuk komoditas lainnya cenderung stabil bahkan ada pula yang turun harga seperti telur ayam yang kini dijual Rp26 ribu per kilogram padahal di awal Ramadan harga komoditas ini mencapai Rp36 ribu per kilogram dan cabai merah yang kini dijual Rp36 ribu per kilogram.

Sedangkan untuk daging sapi dijual Rp140 ribu per kilogram dan ayam potong dijual Rp33 ribu per kilogram. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase