Pelaku Pencurian Besi Ditangkap, Cirebon Power Apresiasi Kinerja Polresta Cirebon

Pelaku Pencurian Besi Ditangkap, Cirebon Power Apresiasi Kinerja Polresta Cirebon

Kapolresta Cirebon Kombes Pol Sumarni saat konferensi pers guna menyampaikan hasil penangkapan pelaku pencuri besi tower milik PLTU Cirebon.-DEDI HARYADI-RADARCIREBON.COM

 

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Perusahaan pembangkit listrik Cirebon Power, mengapresiasi kinerja dari jajaran kepolisian dari Polresta Cirebon, yang berhasil meringkus sindikat pencurian besi tower milik PLTU Cirebon.

 

Para pelaku, melakukan tindakan pencurian terhadap besi tiang Vangnet, yang merupakan besi pengaman kabel yang melintang diatas jalur Tol Palimanan Kanci (Palikanci) Cirebon.

 

Selain itu, para pelaku juga melakukan pencurian besi tiang Vangnet, yang dugunakan untuk mengamankan kabel yang melintasi jalur kereta api, yang melintasi dibawahnya.

BACA JUGA:Resmi! Jokowi Tandatangani UU Tentang Desa, Usia Maksimal Kades Saat Pendaftaran 25 Tahun

BACA JUGA:Banyak Struktur Infrastruktur Publik di Jabar Rusak Akibat Bencana Banjir

BACA JUGA:Ini Pemicunya, Suami Tega Bakar Istri di Plered

 

Head of Communication Cirebon Power, Yuda panjaitan mengatakan, bahwa pihaknya mengaku sangat kecewa dengan adanya aksi pencurian besi tiang Vangnet, yang dilakukan oleh para pelaku.

 

Karena menurut Yuda, aksi pencurian tersebut, bukan hanya merugikan perusahaan saja, namun juga membahayakan masyarakat, terutama yang sedang melintas menggunakan kereta api di jalur kanci dan Tol Palimanan Kanci.

 

"Aksi pencurian ini, membahayakan masyarakat, dan mengancam kelancaran jalur transportasi nasional yaitu Tol Palikanci dan jalur kereta api Jawa," ujar Yuda, Kamis 2 Mei 2024.

 

Oleh karena itu, pihaknya sangat mengapresiasi kinerja dari Polresta Cirebon, yang berhasil menangkap para pelaku pencurian tersebut. Pihaknya berharap, aksi serupa tidak kembali terjadi, karena sangat membahayakan warga.

BACA JUGA:Pertamina EP Zona 7 Sukses Gelar Seminar Nasional Pengelolaan Energi

BACA JUGA:Pernyataan Jujur Pelatih Irak Tentang Timnas U-23 Indonesia Jelang Perebutan Juara 3 Piala Asia U-23 2024

BACA JUGA:Pelaku Pencurian Besi Tower Pengaman SUTET di Kanci Cirebon, Kerugian Rp 5 Miliar

 

" Kami sangat mengapresiasi kinerja dari Polresta Cirebon dan semoga kejadian serupa tidak kembali terulang," ujar Yuda.

 

Sebelumnya, Polresta Cirebon berhasil meringkus sebanyak empat pelaku tindak kejahatan dengan pemberatan, yang melakukan pencurian tiang vangnet milik PLTU Cirebon.

 

Aksi pencurian dilakukan oleh pelaku berbeda dengan lokasi yang berbeda. Pelaku berinisial M, melakukan pencurian tiang vanget di perlintasan kereta api di Desa Kanci Kecamatan Astanajapura Cirebon.

 

M, beraksi dengan enam rekannya, untuk mencuri tiang vangnet dengan memotong besi siku tiang tower tersebut, menggunakan alat las blender.

BACA JUGA:Inilah Alasan Sistem Pengisian Nirkabel VN88 Bisa Diadopsi untuk Bus Listrik

 

Hasil aksi kejahatan tersebut, kemudian dijual kepada S alias Gondrong, yang juga sudah berhasil diamankan oleh petugas kepolisian.

 

Kapolresta Cirebon Kombes Pol Sumarni mengatakan, bahwa pelaku M berhasil mencuri besi dengan berat 400 kg. Besi tersebut dijual kepada penadah dengan harag Rp 4.500/kg.

 

"Total hasil curian tersebut, dijual seharga Rp. 4juta dan dibagi dengan 7 orang. Tersangka mendapat bagian RP 550ribu," kata Sumarni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase