Tingkatkan Literasi, Disarpus Kabupaten Cirebon Gelar Lomba Bertutur

Tingkatkan Literasi, Disarpus Kabupaten Cirebon Gelar Lomba Bertutur

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Cirebon kembali menyelenggarakan Lomba Bertutur untuk Siswa Sekolah Dasar (SD/MI) Tingkat Kabupaten Cirebon Tahun 2024, Rabu (22 Mei 2024).-Cecep Nacepi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Kegiatan budaya gemar membaca dapat beragam aktivitas yang tidak terbatas dalam bentuknya, dan dapat menyesuaikan dengan perkembangan jaman.

Dalam mengembangkan gemar baca terutama pada anak tidak hanya butuh kegiatan yang menarik namun perlu dilakukan secara berkelanjutan.

Untuk itu, secara rutin Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Cirebon kembali menyelenggarakan Lomba Bertutur untuk Siswa Sekolah Dasar (SD/MI) Tingkat Kabupaten Cirebon Tahun 2024, Rabu (22 Mei 2024).

Kepala Disarpus Kabupaten Cirebon, Drs H Abdullah Subandi M.Si melalui Kepala Bidang Perpustakaan, Agus Sutrisno S.Pd M.Pd mengatakan, Lomba Bertutur untuk menumbuhkembangkan kegemaran membaca dan meningkatkan literasi di tingkat sekolah dasar.

BACA JUGA:Warganet Meragukan Pegi Setiawan Pelaku Pembunuhan Vina dan Eki, Begini Jawaban Kombes Jules Abraham

Selain itu, untuk melestarikan aneka budaya daerah serta mengangkat dan mempopulerkan buku-buku cerita budaya daerah yang ada di Indonesia.

Melalui kegiatan lomba bertutur ini, diharapkan akan mengangkat budaya daerah (budaya lokal) baik yang telah dan/atau belum terdokumentasikan, terpublikasikan/diterbitkan sehingga dapat lebih dikenal terutama dikalangan anak-anak.

Sehingga dewasa nanti akan muncul generas-generasi muda yang memiliki kecintaan pada pengembangan kekayaan khasanah budaya Indonesia.

“Semoga kedepan kegiatan ini lebih antusias lagi. Apalagi kita ketahui bersama, membaca dapat menambah wawasan, dalam berbagai penelitian disampaikan bahwa membaca dapat melatih fungsi otak, menjernihkan pikiran, dan memperkuat daya ingat,”kata Agus.

BACA JUGA:Pasca Ambruk di Majalengka, Ruben Onsu Sudah Kembali Beraktivitas

Lomba bertutur ini menjadi agenda rutin untuk meningkatkan minat baca bagi anak-anak sekolah dasar.

“Melalui lomba ini, anak-anak dapat menyampaikan cerita dengan berbahasa Indonesia, Bahasa Daerah, Bahasa Cirebon. Lalu tentang budaya daerah Indonesia Cirebon khususnya, menjadikan pengetahuan dan literasi membaca semakin luas. Kemudian juga agar anak-anak gemar mengunjungi perpustakaan, karena di perpustakaan gudangnya ilmu pengetahuan,”jelas Agus.

Diketahui juri dalam lomba bertutur ialah Ani Suparti M.Pd, Ikhwan (Kak Jum) dan Cecep Supendi S.Pd.

Untuk juara I diraih oleh Keisya Salsa Billa dari SDN 1 Panembahan, juara II diraih Maulidiyyah Haura Taqiyah dari SDN 2 Kemantren, juara III diraih Roihatul Jannah dari SDN 1 Jatiseeng, juara harapan I diraih Anggyta Tri Setya Lestari dari SDN 2 Kemantren, juara harapan II diraih Alisya Anindiya M dari SDN 1 Matangaji dan juara harapan III diraih oleh Braga Anargya Addien dari SDN 1 Panembahan.

BACA JUGA:Rumah Pegi Setiawan Dekat ke TKP Eksekusi Vina - Eky dan Tempat Nongkrong di Gang Bakti, Cuma 5 Menit

“Untuk penilaian lomba sendiri dinilai dari intonasi bertutur, artikulasi dan mimik muka (ekspresi wajah),”ujar Kak Jum salah satu dewan juri. (cep)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: