Penumpang di 5 Bandara di Jawa Barat Naik Hampir 50 Persen, Termasuk BIJB Kertajati - Bandara Cakrabhuwana

Penumpang di 5 Bandara di Jawa Barat Naik Hampir 50 Persen, Termasuk BIJB Kertajati - Bandara Cakrabhuwana

Jumlah penumpang penerbangan di 5 bandara di Provinsi Jawa Barat naik dibandingkan 2023 - 2024.-Humas Jabar-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Jumpah penumpang dari 5 bandara yang ada di Provinsi Jawa Barat, mencatatkan kenaikan hampir 50 persen dibandingkan tahun 2023.

Paling signifikan adalah Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka.

Pasalnya, bandara internasional tersebut beroperasi rutin baik untuk penumpang domestik dan internasional, ditambah dengan penerbangan haji.

Kontribusi jumlah penumpang juga disumbang oleh bandara lainnya yakni Bandara Cakrabhuwana Kota Cirebon hingga Bandara Nusawiru di Kabupaten pangandara.

BACA JUGA:Ciremai Fest 2024: Berwisata Sambil Olahraga, Lestarikan Alam dan Budaya Lokal

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Barat, total keberangkatan penumpang domestik di Bulan April 2024 mencapai 18.083 orang.

Sedangkan untuk bagasi atau muatan pos/paket mencapai 426,90 ton atau mengalami kenaikan sebesar 2,13 persen dibandingkan Maret 2024. 

Terdapat lima bandara diamati Badan Pusat Statistik (BPS) yang melayani penerbangan sebagai sarana transportasi udara di Provinsi Jabar, yaitu Bandara Husein Sastranegara (Kota Bandung), Bandara Internasional Jawa Barat (Kabupaten Majalengka), dan Bandara Nusawiru (Kabupaten Pangandaran). 

Berikutnya, Bandara Cakrabhuwana Penggung (Kota Cirebon) dan Bandara Wiriadinata (Kota Tasikmalaya). Semua bandara tersebut melayani penerbangan domestik (dalam negeri).

BACA JUGA:Mendekati Puncak Ibadah Haji, Kemenag Keluarkan Jadwal Menuju Armuzna, Berikut Rinciannya

Kepala BPS Jabar Marsudijono menyebutkan, pada bulan April 2024, jumlah penumpang penerbangan domestik yang berangkat melalui angkutan udara komersial dari Jabar sebanyak 18.083 orang, mengalami kenaikan sebesar 47,30 persen bila dibandingkan Maret 2024, yang tercatat sebanyak 12.078 orang. 

Ditinjau menurut bandara keberangkatan, jumlah keberangkatan penumpang penerbangan domestik pada April 2024 didominasi dari BIJB Kertajati sebanyak 18.043 orang. 

Jumlah ini mengalami kenaikan sebesar 47,45 persen dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat sebanyak 12.050 orang. 

Selama Januari-April 2024, total yang dilayani BIJB Kertajati sebanyak 62.805 penumpang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: