KKJ-PKJB 2024 jadi Cara Bank Indonesia Gali Pertumbuhan Ekonomi Baru Jabar

KKJ-PKJB 2024 jadi Cara Bank Indonesia Gali Pertumbuhan Ekonomi Baru Jabar

Soft Launching KKJ-PKJB 2024, di Kawasan Braga Bebas Kendaraan (Beken) di Jalan Braga , Kota Bandung, Sabtu (22/6/2024-Istimewa -radarcirebon

BANDUNG, RADARCIREBON.COM — Perhelatan Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) 2024 menjadi upaya Bank Indonesia untuk menggali sumber pertumbuhan ekonomi baru.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Muslimin Anwar mengatakan, di tengah kondisi perekonomian global yang tidak menentu, memang diperlukan katalisator untuk memunculkan sumber pertumbuhan ekonomi baru bagi Jawa Barat. 

Salah satunya adalah melalui gelaran KKJ-PKJB yang sudah dilakukan enam kali sejak 2019 lalu ini.

“Bank Indonesia sangat konsen untuk mengawal pertumbuhan ekonomi baru, menjaga stabilitas rupiah dan menjaga laju inflasi yang rendah dan stabil,” ungkap Imus, sapaan akrab Musliman, saat Soft Launching KKJ-PKJB 2024, di Kawasan Braga Bebas Kendaraan (Beken) di Jalan Braga , Kota Bandung, Sabtu (22/6/2024).

BACA JUGA: Tawuran Konten Bohongan, Ditangkap Polisi Beneran, Bikin Resah Warga Luragung

Menurut Imus, cara yang paling mungkin dilakukan adalah mengawal pertumbuhan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar terus tumbuh dan naik kelas.

“Kita Kawal dari mikro ke kecil, menjadi menengah, hingga nantinya pelaku usaha yang tadinya kecil bisa mempunyai akses ekspor,” jelasnya.

Salah satu pelaku UMKM yang didampingi oleh Bank Indonesia dan memiliki akses ekspor secara mandiri untuk produknya adalah Kopi Wanoja, kopi produksi para srikandi asal Kabupaten Bandung.

“Salah satunya itu Kopi Wanoja, dan banyak lagi pelaku UMKM yang kini berorientasi ekspor,” jelasnya.

BACA JUGA: Inilah Pesan Menag ke Jamaah Haji Indonesia Sebelum Tinggalkan Tanah Suci

Di tempat yang sama Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryaman mengatakan, memang dengan UMKM ini akan bisa mengatasi tidak hanya permasalahan sirkulasi ekonomi di tingkat masyarakat, tapi juga bisa mengatasi permasalahan ketenagakerjaan.

“Pengangguran kita [Jawa Barat] masih di atas angka nasional. Jadi ini [KKJ-PKJB] bisa menjadi solusi,” ungkapnya.

Ia pun berharap semangat yang dibangun di KKJ-PKJB yang selalu digaungkan di setiap tahun di Jawa Barat bisa menjalar hingga ke tinggi daerah.

“Harapannya ini tidak hanya di ruangan ini, di 3 hari gelaran nanti, tapi juga bisa selanjutnya, kita kawal pelaku UMKM kita untuk terus naik kelas,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: