Ikut Berperan Memajukan Koperasi, Pj Wali Kota Cirebon Dapat Apresiasi dari Pj Gubernur Jawa Barat

Ikut Berperan Memajukan Koperasi, Pj Wali Kota Cirebon Dapat Apresiasi dari Pj Gubernur Jawa Barat

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin memberikan penghargaan kepada Pj Wali Kota Cirebon Drs H Agus Mulyadi MSi atas peran aktifnya dalam mendorong perkembangan koperasi dan mendukung kemajuan perkoperasian di Jawa Barat pada peringatan Hari -ISTIMEWA/RADARCIREBON.COM-

KARAWANG, RADARCIREBON.COM – Penjabat (Pj) Wali Kota Cirebon Drs H Agus Mulyadi MSi mendapatkan apresiasi atas peran aktifnya dalam mendorong perkembangan koperasi dan mendukung kemajuan perkoperasian di Jawa Barat.

Penghargaan tersebut diberikan pada peringatan Hari Koperasi ke 77 tingkat Provinsi Jawa Barat di Lapangan Street Carnival Galuh Mas, Kabupaten Karawang, Jumat 12 Juli 2024.

"Alhamdulillah, semoga semangat Koperasi di Kota Cirebon semakin berkembang dan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat luas," ujarnya.

BACA JUGA:Pejabat Elit Pemprov Jabar Ini Akan ke Cirebon Gara-gara Aplikasi ‘SiPEPEK’ Viral

BACA JUGA:Ponpes Al Bahjah Cirebon Kebakaran Sempat Terjadi Letupan, Diduga Ini Penyebabnya

BACA JUGA:3 Surat 'Sakti', Bekal Pegi Setiawan Tidak Bakal Jadi Tersangka Lagi

Pj Wali Kota berharap kepada seluruh masyarakat Kota Cirebon agar menjadi bagian dan aktif memajukan koperasi.

Sehingga turut memberikan kontribusi nyata dalam memperkuat ekonomi yang berdasarkan asas gotong royong.

"Penghargaan yang diterima ini wujud komitmen kita dalam membina, memajukan sekaligus menjadikan koperasi di Kota Cirebon benar-benar maju, modern, memenuhi prinsip-prinsip perkoperasian dan mampu mensejahterakan anggotanya," harapnya.

Sementara, Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin dalam sambutannya mengatakan, peringatan Hari Koperasi merefleksikan peran koperasi semakin strategis untuk mempercepat ikhtiar bangsa keluar dari middle income trap.

BACA JUGA:Fraksi Gerindra DPRD Kritik Tajam RPJPD 2025-2045

BACA JUGA:Tanggapan Toni RM Perihal Pegi Setiawan Bisa Jadi Tersangka Lagi

BACA JUGA:Komitmen Tinggi pada Keberlanjutan, bank bjb raih penghargaan Best ESG

"Koperasi sangat penting untuk melengkapi ekosistem usaha rakyat agar dapat tumbuh dari usaha mikro ke usaha kecil dan usaha kecil ke usaha menengah," ujarnya.

Bey menilai, koperasi telah menjadi solusi dalam pembiayaan mikro. Koperasi pun telah menjelma menjadi solusi untuk memberikan kepastian dalam pembelian produk, akses inovasi dan teknologi, kemitraan maupun pemodalan.

"Peran koperasi menjadi sangat strategis dalam mengonsolidasikan para pelaku usaha mikro dan kecil agar usahanya menjadi lebih berkualitas dan bernilai ekonomi tinggi," katanya.

Pj Gubernur menuturkan, koperasi telah menjadi solusi dalam pembiayaan mikro, paling banyak diakses oleh rumah tangga di Indonesia, yakni 4,25 persen setelah bank umum selain Kredit Usaha Rakyat (KUR), yaitu 4,95 persen.

BACA JUGA:Pertumbuhan Ekonomi Nasional Diklaim Stabil saat Perekonomian Global Tak Menentu

BACA JUGA:Pj Bupati Cirebon Dorong Transformasi Digital Sertifikat Tanah

"Saya berharap semangat koperasi itu terus kita tularkan kepada generasi muda dan menjadikan ekosistem usaha yang lebih menjanjikan bagi anak-anak muda untuk berkiprah," ujar Bey.

Bey berharap di masa mendatang akan lebih banyak lagi koperasi yang tumbuh menyediakan teknologi dan inovasi sehingga menjadi ekosistem usaha yang menjanjikan bagi kalangan muda.

"Semakin banyak koperasi yang memberikan solusi terhadap inovasi dan teknologi, kemitraan, pasar bahkan permodalan, maka semakin banyak dan cepat UMKM di Tanah Air naik kelas," ungkapnya.

BACA JUGA:Bukan Cuma Main Golf, Banyak Menu Lezat di Eagle Restaurant

Dalam kesempatan itu, dilakukan juga Penandatanganan Nota Kesepakatan Sinergi Pemberdayaan dan Pengembangan Koperasi Melalui Pembiayaan Ultra Mikro di Jabar.

Pada pembukaan kegiatan yang bertemakan "Koperasi Mendunia Mewujudkan Indonesia Emas", Pj Wali Kota Cirebon hadir didampingi  Pj Ketua TP PKK Kota Cirebon Ny Hj NR Madyawati SH. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase