Harap Bersabar! Pendaftaran CPNS Kembali Diundur

Harap Bersabar! Pendaftaran CPNS Kembali Diundur

Pemerintah akan kembali membuka rekrutmen CPNS tahun 2024.-Ilustrasi-Ist

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Pemerintah kembali menyampaikan bahwa jadwal pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 kembali diundur.

Melalui keterangan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas bahwa diperkirakan pendaftaran CPNS dibuka antara Juli hingga Agustus mendatang.

"Pelaksanaan seleksi CPNS kemungkinan Juli-Agustus ya," kata Anas.

BACA JUGA:Hadiri Haul Mbah Kuwu, Pj Bupati Cirebon: Mari Bersama-sama Membangun

BACA JUGA:Tinjau Hari ke-2 MPLS, Pj Wali Kota Cirebon: Tidak Boleh Ada Unsur Perundungan

Dia mengungkapkan bahwa penundaan pendaftaran CPNS lantaran banyaknya kementerian atau lembaga serta pemerintah daerah belum mengusulkan formasi untuk memenuhi kuota yang disediakan.

Kemudian, Kementerian PANRB juga sediakan sebanyak 200 ribu formasi CPNS 2024, khusus untuk lulusan baru atau fresh graduate.

Akan tetapi, finalnya jumlah yang diusulkan baru mencapai 130.341 formasi sampai awal Juli 2024.

Maka, dengan belum terpenuhinya kuota formasi yang diusulkan oleh sejumlah instansi, Kemenpan RB memutuskan untuk menunda kembali pembukaan pendaftaran CPNS dan diundur menjadi Juli atau Agustus 2024.

BACA JUGA:Ada 5 Warga Nahdliyyin Foto Bersama Presiden Israel, Gus Yahya: Saya Mohon Maaf

"Inilah yang menyebabkan kita menunggu karena formasi yang kita berikan tidak diusulkan kementerian atau lembaga maupun pemerintah daerah," ujar Anas.

Sebelumnya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) juga sudah merancang lini masa periode pembukaan seleksi CPNS serta pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) tahun 2024.

Mengutip dari situs resmi BKN, untuk periode I dimulai pada minggu ketiga Maret 2024 yang saat itu merupakan pengumuman dan seleksi administrasi sekolah kedinasan.

Adapun, realisasinya pendaftaran serta seleksi administrasi sekolah kedinasan dibuka pada 15 Mei sampai 17 Juni 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase