Antisipasi Hoks Situasi Pilkada Diskominfo Kolaborasi dengan Polresta Cirebon

Antisipasi Hoks Situasi Pilkada Diskominfo Kolaborasi dengan Polresta Cirebon

Kapolresta Cirebon Kombes Pol Sumarni-Cecep Nacepi-radarcirebon

CIREBON , RADARCIREBON.COM - Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Cirebon berkolaborasi dengan Polresta Cirebon untuk melakukan patroli cyber. Kolaborasi itu bertujuan untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

Kapolresta Cirebon Kombes Pol Sumarni mengatakan, menunda terus berkolaborasi dengan Diskominfo Kabupaten Cirebon untuk melakukan patroli siber, menyatukan media sosial (Medsos).

"Kita juga akan melakukan patroli siber. Kita mengajak Diskominfo untuk bersama-sama menyatukan dunia maya (Medsos, red)," terangnya.

Pihaknya menyampaikan hal-hal yang tidak diperkenankan untuk dilakukan seperti black campaign, money politik, menyebarkan berita hoax, dan pelanggaran tindak pidana lainnya.

BACA JUGA: Disbudpar Kota Cirebon Helat Festival Panjunan Akulturaktif, Ada Banyak Acara

“Kami meminta mereka untuk sama-sama menyebarkan visi misi dengan tidak menyebarkan berita hoax dan tidak menyerang dengan hal-hal yang negatif,” ujar Sumarni. 

Kepala Diskominfo Kabupaten Cirebon, Bambang Sudaryanto yang disampaikan oleh Kabid Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Eka Suwandi mengatakan, pihaknya sudah berkordinasi dengan Polresta Cirebon terkait kolaborasi pengamanan dan kenyamananitas persiapan Pilkada.

"Kapolresta Cirebon Kombes Pol Sumarni mengarahkan meminta kolaborasi, kami sudah menyiapkan beberapa himbauan dan sosialisasi. Saber hoks kami juga terus aktif setiap waktunya," papar Eka Suwandi.

Saber hoks juga memberikan informasi dan sosialisasi kepada masyarakat, tujuannya agar jangan sampai masyarakat mudah menerima informasi, kemudian langsung yang disebar begitu saja. 

BACA JUGA: Pasca Gempa Bumi Guncang Kuningan, Bey Pastian Warga Bisa Beraktivitas Normal

"Dalam hal ini, masyarakat harus tahu selidiki dulu sumbernya seperti apa. Kita juga sudah menyiapkan beberapa himbauan masyarakat dan sosialisasi. Baik secara online maupun langsung," terangnya. 

Mengantisipasi penyebaran hoks, Diskominfo juga bekerja sama dengan Relawan TIK. Relawan TIK juga ikut patroli berita hoks dan menyelidiki kebenarannya. 

"Kita juga dalam hal ini, bekerja sama dengan Humas APH. Kalau ada yang mengatasnamakan nomor pejabat, kita langsung konfirmasi kebenarannya," terangnya. 

Selain itu, untuk pengamanan media sosial selama musim kampanye, Diskominfo juga sudah berkordinasi dengan KPU Kabupaten Cirebon maupun Bawaslu Kabupaten Cirebon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: