PJ Bupati Cirebon Minta ASN Jaga Netralitas dalam Pilkada 2024

PJ Bupati Cirebon Minta ASN Jaga Netralitas dalam Pilkada 2024

RAKOR PILKADA: Penjabat (Pj) Bupati Cirebon Drs H Wahyu Mijaya SH MSi meminta ASN untuk menjaga netralitas dalam Pilkada 2024. -Andri Wiguna-radarcirebon.com

CIREBON,RADARCIREBON.COM -ASN harus netral, tidak terlibat politik praktis dan tidak berpihak kepada salah satu calon kandidat dalam Pilkada mendatang.

Pesan itu disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Cirebon Drs H Wahyu Mijaya SH MSi dalam Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Pencalonan yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon di sebuah hotel di Kabupaten Cirebon, Sabtu (10/8).

Rapat yang dihadiri oleh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Cirebon dan perwakilan KPU Jawa Barat tersebut membahas tahapan-tahapan pencalonan, baik untuk posisi gubernur dan wakil gubernur, maupun bupati dan wakil bupati Cirebon.

Wahyu Mijaya menekankan pentingnya menjaga situasi yang kondusif selama proses pemilihan berlangsung. “Kami, dari Forkopimda, fokus pada upaya menjaga kondusivitas proses pemilihan. Kami yakin, jika situasi tetap terjaga dan kita bersinergi, proses ini akan berjalan lancar,” ujar Wahyu.

BACA JUGA:Ribuan Warga Meriahkan Jalan Santai Launching UMMADA Cirebon

Dalam kesempatan tersebut, Wahyu juga menyoroti netralitas aparatur sipil negara (ASN) yang telah diatur secara tegas dalam peraturan perundang-undangan.

“Netralitas ASN sudah menjadi suatu keharusan. ASN dilarang keras untuk mendukung salah satu pasangan calon, dan kami akan menegakkan aturan ini sesuai ketentuan yang berlaku,” tegasnya.

Untuk memastikan netralitas ASN, Wahyu mengajak masyarakat turut berperan aktif dalam pengawasan.

“Pengawasan terhadap ASN tidak hanya menjadi tanggung jawab kami, tetapi juga masyarakat. Jika ada ASN yang terindikasi mendukung salah satu pasangan calon, masyarakat dapat melaporkannya,” pungkas Wahyu. (dri)

BACA JUGA:Jusuf Hamka Mundur dari Golkar Susul Airlangga, Sebut Kata-kata Tidak Pantas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: