Konsumsi Ikan di Jawa Barat Harus Ditingkatkan

Konsumsi Ikan di Jawa Barat Harus Ditingkatkan

Penjabat Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Provinsi Jawa Barat Amanda Soemedi Bey Machmudin sedang memberikan sambutan dalam Rapat Koordinasi Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Rakor Forikan) di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat 23 Agustus 2024-Biro Adpim Jabar-

BANDUNG, RADARCIREBON.COM - Salah satu tantangan utama dalam meningkatkan konsumsi ikan adalah memperkenalkan manfaatnya secara luas kepada masyarakat.

Penjabat Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Provinsi Jawa Barat Amanda Soemedi Bey Machmudin mengatakan bahwa Forikan Jabar hadir mendongkrak kegemaran mengonsumsi ikan di masyarakat dengan berbagai kegiatan.

"Di antaranya bekerja sama dengan sekolah dan komunitas memperkenalkan pola makan sehat kepada masyarakat agar menyediakan ikan sebagai salah satu menu makanan bagi anak," kata Amanda dalam Rapat Koordinasi Forikan Tingkat Provinsi Jabar di Plaza Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat 23 Agustus 2024.

BACA JUGA:Seorang Nelayan Diduga Terjaut di Periaran Pengarengan Pantura, Tim SAR Kembali Lakukan Pencarian

BACA JUGA:Kualifikasi Piala Dunia 2026: Shin Tae-yong Tak Panggil Jordi Amat dan Elkan Baggott, Pratama Arhan?

BACA JUGA:Partai Buruh Akan Kembali Turun ke Jalan, Tuntut PKPU Baru Terkait Pilkada Seesuai Keputusan MK

Dalam rakor tersebut dibahas berbagai program dan kegiatan yang telah dilaksanakan serta merencanakan langkah-langkah konkret ke depan untuk meningkatkan efektivitas dan jangkauan terkait dengan peningkatan konsumsi ikan di setiap daerah di Jabar.

Kemudian Amanda menjelaskan pula kegiatan Forikan lainnya, yakni mempromosikan produk lokal melalui pasar dan festival ikan yang digelar Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jabar setiap bulan serta melakukan kemitraan dengan pelaku usaha perikanan.

"Selain itu memberikan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan kapasitas pelaku usaha, serta memperkenalkan program-program yang mendukung kesehatan melalui konsumsi ikan, termasuk inisiatif untuk mengurangi angka stunting dan masalah kesehatan lainnya yang berkaitan dengan kekurangan gizi," tuturnya.

BACA JUGA:Jokowi Pastikan Pemerintah Tidak Keluarkan Perppu Terkait Pilkada: Ikuti Putusan MK

BACA JUGA:WJF 2024 Resmi Dibuka, Bey Machmudin: Semoga Menjadi Inspirasi untuk Berinovasi

BACA JUGA:Kurangi Dampak Pencemaran Air, Mahasiswa KKN IPB Kenalkan Sabun Organik ke Warga Desa Jeporo Jateng

Pada kesempatan tersebut Amanda juga mendorong agar ikan menjadi salah satu makanan pilihan bagi ibu hamil untuk mempersiapkan kelahiran.

"Mari kita manfaatkan pertemuan ini untuk bertukar informasi, pengalaman, serta ide-ide inovatif yang dapat memperkuat implementasi program-program terkait konsumsi ikan dengan sinergi dan kolaborasi yang baik," ucapnya.

BACA JUGA:Siswa dan Guru SMK Muhammadiyah Diberi Edukasi Teknologi Terbaru Kendaraan

BACA JUGA:Digelar Awal Oktober, Pj Wali Kota Dukung Konferensi PWI Kota Cirebon

Ia optimistis Forikan Jabar mampu mencapai target-target yang telah ditetapkan dan menjadikan Jawa Barat sebagai provinsi yang unggul dalam konsumsi ikan.

"Sekali lagi terima kasih atas kehadiran dan partisipasi aktif Anda semua. Semoga rapat koordinasi ini berjalan dengan lancar dan menghasilkan keputusan yang bermanfaat untuk kemajuan bersama," ujar Amanda. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: