KKM UMC Cirebon Kawal Pembentukan Agrowisata Sentra Kebun Durian di Bunigeulis

KKM UMC Cirebon Kawal Pembentukan Agrowisata Sentra Kebun Durian di Bunigeulis

Mahasiswa Kerja Masyarakat (KKM) Universitas Muhammadiyah Cirebon, lakukan pendampingan secara administratif dalam pembuatan Desa Rintisan Agrowisata Kebun Durian pada Desa Bunigeulis, Kecamatan Hantara, Kabupaten Kuningan.-ISTIMEWA/RADARCIREBON.COM-

"Karena dari kondisi geografis yang menunjang, ini menjadi salah satu alasan kuat Bunigeulis mempunyai SDA yang melimpah,” kata Adi Permana.

Sementara itu, Kepala Desa Bunigeulis, Adi Puryono, turut menyambut baik atas pendampingan yang dilakukan temen-temen mahasiswa atas pembuatan Desa Rintisan Agrowisata Kebun Durian.

BACA JUGA:LPSK Lindungi 7 Terpidana Kasus Vina, Reza Indragiri Desak Mabes Polri Umumkan Hasil Kerja Timsus

BACA JUGA:Sudirman dan 6 Terpidana Kasus Vina Lainnya Dapat Perlindungan LPSK

“Ini adalah program jangka panjang, sekian tahun yang akan datang, Bunigeulis akan dikenal sebagai sentra buah durian."

"Kita bukan durian lokal, tapi memang menanam durian super yang terjamin dan bersertifikat, sehingga harga tetap stabil." 

"Durian itu disukai semua kalangan, tidak mengenal kalangan menengah, atas dan bawah."

"Durian tidak akan turun harga seperti cengkeh atau yang lainnya sehingga ini akan meningkatkan perekonomian di Bunigeulis,” jelasnya.

BACA JUGA:Terobosan Baru FPS UGJ Luncurkan Program Human Library

Lanjutnya, akan bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) sebagai pemasok utama bibit durian dan diharapkan kedepan, jika sudah muncul sebagai icon Bunigeulis maka secara otomatis masyarakat atau wisatawan akan datang dengan sendirinya.

“Semuanya bertahap, rencana selanjutnya, di jalan masuk utama Bunigeulis akan kami tanamkan juga sepanjang kanan kiri jalan pohon durian secara zigzag."

"Kita belum tentu akan menikmati hasilnya sampai masa jabatan saya berakhir, tapi tidak menutup kemungkinan sekitar 8-9 tahun kedepan jika Allah mengizinkan, kita bisa menikmati hasilnya."

BACA JUGA:Baru Kali Ini, Warga Banjarwangunan Alami Krisis Air

"Tapi jika usia saya tidak sampai disitu, minimal saya sudah memberikan cindera mata untuk Bunigeulis dan anak cucu kita kelak khususnya untuk masyarakat secara umum,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase