PON ke-XXI Aceh-Sumut 2024 Resmi Dibuka oleh Presiden Jokowi, IKN Kirim Kontingen

PON ke-XXI Aceh-Sumut 2024 Resmi Dibuka oleh Presiden Jokowi, IKN Kirim Kontingen

Inilah defile kontingen Jawa Barat dalam pembukaan PON ke-XXI Aceh-Sumut 2024.-Hasil tangkapan layar-

Sebelum defile atlet dari semua provinsi peserta ditambah satu otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), qori cilik Muhammad Ahsin melantunkan dulu ayat suci Alquran surat Al-Imran ayat 133-134.

BACA JUGA:Cerita Maarten Paes Saat Dirinya Berhasil Menepis Tendangan Penalti Pemain Arab Saudi

BACA JUGA:Astra Daihatsu Cirebon Tuparev Hadirkan Layanan Trade-in

Defile atlet dilakukan secara alfabetis sehingga dimulai dari Banten, kemudian Bali, Bengkulu, sebelum ditutup dengan dua kontingen tuan rumah, Sumatera Utara dan Aceh.

Presiden Jokowi kemudian resmi membacakan pidato sambutan yang menekankan pesan sportivitas kepada para atlet benar-benar mereka jaga.

Pada sesi penyalaan api kaldron, sosok “Malahayati” mendatangi Presiden Jokowi untuk menerima rencong. 

Sosok “Malahayati” itu lalu mendampingi para pembawa api PON, sampai diterima oleh atlet yang menyalakan api di kaldron, Nurul Akmal.

BACA JUGA:Cerita Maarten Paes Saat Dirinya Berhasil Menepis Tendangan Penalti Pemain Arab Saudi

Setelah sesi penyalaan api kaldron, acara ditutup dengan penampilan penyanyi Tiara Andini dan Virzha, serta penyalaan beberapa kembang api untuk memeriahkan suasana.

PON 2024 menjadi PON pertama yang diadakan di dua provinsi secara bersamaan.

Sedikitnya 13.000 atlet akan berkompetisi dalam 1.042 nomor pertandingan pada 65 cabang olahraga dan 87 disiplin, di 20 kabupaten dan kota di Aceh serta Sumut sampai 20 September 2024

BACA JUGA:Banking AI Day, Indosat Berdayakan Sektor Perbankan dan Keuangan Indonesia

Empat daerah otonomi baru (DOB) yang meliputi Papua Barat Daya, Papua Pegunungan, Papua Tengah, dan Papua Selatan melakukan debut PON, bersama kontingen Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, memberikan apresiasi atas antusiasme tinggi para suporter yang memenuhi seluruh venue PON XXI Aceh-Sumatra Utara 2024. 

Berdasarkan laporan yang diterima, hampir semua pertandingan, terutama di kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, selalu dipadati penonton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase