Dukung UMKM Naik Kelas, KPw BI Cirebon Lakukan Pelepasan Ekspor Molja Furniture

Dukung UMKM Naik Kelas, KPw BI Cirebon Lakukan Pelepasan Ekspor Molja Furniture

pelepasan Ekspor Rotan PT Masagena Maruarar Salawasna ke Perancis dilakukan di Gudang Molja Furniture, Selasa (10/9). -APRIDISTA SITI RAMDHANI-RADAR CIREBON

Selasa (10/9/2024) dan akan dilakukan lagi pada Oktober mendatang. Di pengiriman pertama ini dikirim sofa bed sebanyak 90 pcs yang dikirim dengan 3 container.

"Nilai ekspor kali ini sebesar 10.250 USD," ujarnya.

Selain Perancis, menurutnya beberapa negara di Eropa memiliki pasar yang potensial untuk ekpor produk rotan seperti misalnya Jerman dan Belanda.

Selain itu, hingga saat ini Amerika menjadi pasar favorit untuk ekspor, namun rintangan untuk bisa mendapatkan pasar ini cukup sulit ditambah beragam isu lingkungan dan humanis yang saat ini menjadi fokus utama para buyer luar. 

"Kami berharap melalui pengiriman barang ke Perancis kali ini dapat membuka potensi ekspor ke berbagai negara lainnya," harapnya.

Sementara itu, Kepala KPw BI Cirebon, Anton Pitono menuturkan melalui keberhasilan business mathcing yang digelar dalam gelaran CEF 2024 lalu ini menjadi bukti nyata dukungan KPw BI Cirebon dalam mendorong kemajuan UMKM.

Ada beberapa tataran UMKM yang dibina BI saat ini, UMKM Go Ekspor menjadi tataran tertinggi.

"Saat ini kami memiliki sekitar 350 UMKM binaan dan beberapa sudah go ekspor, salah satunya PT Masagena Maruarar Salawasna," terangnya.

Diharapkan sinergi dan kolaborasi KPw BI Cirebon, pemerintah terkait juga bisa terus dilakukan guna mendukung UMKM menuju Go Ekspor.

Diharapkan para pengusaha lainnya juga termotivasi dengan potensi ekspor ini. Namun, Anton juga berpesan pada para pengusaha untuk peka terhadap isu digital yang saat ini sangat diperhatikan buyer luar negeri.

Isu green economy sustainability dan humanis menjadi yang diperhatikan oleh mereka.

"Para pengusaha terutama rotan juga harus memberikan pemahaman bagaimana produknya ramah lingkungan dan kesejahteraan para pekerjanya melalui website dan berbagai platform dalam mengenalkan produknya ke buyer," tukasnya.

Di samping itu, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Kota Cirebon, Iing Daiman SIP MSi turut mengapresiasi PT Masagena Maruarar Salawasna yang tetap bisa melakukan ekspor di tengah tantangan ekonomi yang terjadi saat ini.

Diharapkan ini menjadi inspirasi bagi para pengusaha muda lainnya dan menjadi sebuah semangat baru untuk para UMKM di Cirebon.

"Semoga UMKM di Cirebon bisa tambah hebat dan maju sehingga masyarakat menjadi sejahtera, kami siap hadir untuk terus berkolaborasi dan bersinergi untuk mendorong kemajuan UMKM," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: