Gempa Bumi Dapat Mempengaruhi dan Menganggu Siklus Menstruasi Pada Wanita

Gempa Bumi Dapat Mempengaruhi dan Menganggu Siklus Menstruasi Pada Wanita

Ilustrasi menstruasi.-Pixabay -

Penelitian pun dilakukan di negara Turki, karena di negara Turki pernah terjadi sebuah gempa besar yang terjadi pada bulan februari 2023, yang mengakitbatkan banyak sekali korban jiwa dan sampai memengaruhi siklus menstruasi wanitannya di negara tersebut.

BACA JUGA:Panwascam Tingkatkan Kewaspadaan di Masa Kampanye Pilkada 2024

Maka dari itu para peneliti pun mencari 309 wanita dengan rentang usia antara 18 tahun hingga 49 tahun yang tinggal di 11 wilayah di negara tersebut yang dinyatakan sebagai wilayah yang paling parah yang terkena gempa.

Mereka diminta untuk melaporkan efek fisik dan mental yang mereka rasakan setelah peristiwa gempa besar yang terjadi  pada 9 bulan lalu tersebut.

Dari hasil penelitian tersebut 44,8 persen wanita mengalami fase menstruasi yang tidak teratur setelah peristiwa gempa besar yang pada 9 bulan lalu tersebut di negara turki.

Selain itu juga, terdapat sekitar 22,7 persen wanita yang mengikuti penelitian mengidap gangguan stress pasca trauma (PTSD), yang diduga ada kaitannya dengan gangguan menstruasi mereka.

BACA JUGA:Dispusip Gelar Kursus Bahasa Asing Gratis

Ptsd dapat dipicu oleh peristiwa traumatis tunggal contohnya seperti bencana gempa bumi.

Hasil penelitian ini menjadi peringatan bagi para penyedia layanan kesehatan untuk bisa lebih memperhatikan dampak psikologis dan fisik yang diakibatkan dari bencana alam terhadap kesehatan wanita.

Terutama dalam masalah konteks reproduksi wanita. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: