H-2 Puncak Mudik, H+4 Puncak Arus Balik

H-2 Puncak Mudik, H+4 Puncak Arus Balik

CIREBON - Menghadapi arus mudik Lebaran 2017, PT Jasa Marga (Persero) Cabang Palikanci telah melakukan sejumlah antisipasi. Usai apel gelar pasukan pelayanan arus mudik dan balik 1438 H, General Manager Jasa Marga Cabang Palikanci Cirebon, Dadang Sumaryana memprediksi, puncak arus mudik Lebaran 2017 terjadi pada H-2. Sedangkan puncak arus balik akan terjadi H+4. \"Kami memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada H-2 dengan volume kendaraan sekitar 36.019. Sedangkan pada arus balik puncaknya terjadi pada H+4 atau pada tanggal 30 Juni 2017 dengan volume lalu lintas berkisar 34.118 kendaraan,\" tutur Dadang usai jumpa pers, Kamis (15/6). Dalam hal ini, pihaknya mengklaim telah melakukan berbagai persiapan hingga 100 persen, termasuk melakukan gelar pasukan dilanjut dengan inspeksi pasukan dan kendaraan Cabang Palikanci. Selanjutnya, untuk mengantisipasi meningkatnya volume kendaraan dibandingkan tahun lalu, Dadang menuturkan, pihaknya juga sudah mempersiapkan konstruksi jalan, menyiapkan berbagai layanan, pengaturan lalu lintas arus mudik-balik juga sudah koordinasi dengan kepolisian. \"Untuk armada pelayanan lalu lintas juga sudah siap. Kami menyiapkan tiga unit mobil patroli, dua unit ambulance, 1 patroli kamtin. Dua tangki air, mobil derek kecil dengan kapasitas 15 ton sejumlah 2 unit, derek besar dengan kapasitas 25 ton sebanyak 1 unit, dua unit derek cadangan, 4 unit polisi jalan raya Tol Palikanci, satu unit patroli motor besar Polda Jabar dan lain-lain,\" tuturnya. Lebih lanjut, ujar Dadang, pihaknya juga memberikan pelayanan informasi dan komunikasi. Bagi para pengguna jalan tol Jasa Marga Cabang Palikanci dapat menghubungi sms interaktif dan whatsapp di nomor 08156442222, telepon (0231) 4842688. \"Masing-masing gerbang tol juga menginformasikan data volume lalu lintas dan kondisi lalu lintas. Pada arus mudik dan balik tahun ini, kami juga memberikan diskon bagi pengguna e-toll/e-money sebesar 20 persen pada H-3 sampai H2,\" kata Dadang. Pada kesempatan itu, Deputi General Manager PT Jasamarga Cabang Palikanci, H Zakaria SSos menyambungkan, pihaknya juga menyiapkan posko kesehatan, rest area dan parkir. Di tiap rest area KM 207 maupun KM 208, pihak Jasa Marga menyadiakan 5 unit kantin, pujasera 18 unit, rumah makan 1 unit, SPBU delapan unit, bengkel 24 jam, toilet dengan kapasitas 45 orang, pos kesehatan P3K dan PAM lebaran, toilet mobl 3 unit, dan lain-lain. \"Kami juga berkoordinasi dengan Polres, Kasatlantas, Polsek wilayah, rumah sakit, Dinas Perhubungan mapun instansi terkait. Memastikan VMS lajur dan VMS on ramp berfungsi dengan baik guna memberikan informasi. Kami juga melakukan koordinasi dengan pihak tol lain yang terintegrasi yakni PT lintas Marga Sedaya/PT Waskita Karya Tool Road, baik transkasi, informasi maupun layanan jalan tol,\" katanya. Pihaknya mengaku telah memaksimalkan layanan transaksi dengan menambah petugas jemput kendaraan untuk antisipasi antrian panjang di gardu entrance. Menambah jalur gardy transaksi dengan membuka portal pada satu lajut. \"Kami juga menambah dua gardu tandem dan satu gardu reversible di Gerbang Tol Kanci exit,\" pungkasnya. (via)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: