Pemerintah Siapkan KUR untuk Pembelian Mesin Pengeringan Padi

Pemerintah Siapkan KUR untuk Pembelian Mesin Pengeringan Padi

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan bakal ada penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk perusahaan penggilingan padi dan beras skala kecil. KUR tersebut untuk modal membeli mesin pengeringan padi.

\"Kalau ada dryer (pengering), saat panen apalagi waktu hujan itu petani tertolong karena dia kemudian tidak panik menjualnya sedangkan padi masih basah. Karena yang membelinya ada, yaitu penggilingan yang punya dryer,\" kata dia di kantornya. Menurut Darmin, dengan adanya mesin pengering, konsumen juga akan diuntungkan karena kualitas gabah menjadi lebih bagus. Di sisi lain, Perum Bulog juga akan diuntungkan lantaran sesuai kesepakatan, hasil panen bakal dijual perusahaan terkait ke Bulog. Alhasil, Bulog akan punya stok lebih banyak.

Ketua Umum Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras Indonesia (Perpadi) Sutarto Alimoeso mengatakan sebanyak 172 ribu dari total 182 ribu perusahaan penggilingan padi dan beras merupakan perusahaan berskala kecil. Perusahaan kecil tersebut memiliki kapasitas produksi di bawah 1,5 ton per jam.

“(Perusahaan) kecil-kecil ini selama ini kesulitan untuk melakukan revitalisasi termasuk mengadakan alat pengering,” kata dia. Dengan penggunaan alat pengering, rendemen (presentase berat beras yang dihasilkan dari penggilingan gabah) dan kualitas padi diyakini akan meningkat.

Sementara itu, Direktur jaringan dan layanan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Osbal Saragih mengatakan, kesiapan perbankan untuk menyalurkan KUR terkait. “KUR kami sudah ada plafonnya, dari Rp 120 triliun pembiayaan KUR tahun ini, Rp 10,6 triliun khusus untuk yang kecil,\" ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: