Petani Majalengka Bersiap Lakukan Musim Tanam Kedua di Tengah Pandemi Corona

Petani Majalengka Bersiap Lakukan Musim Tanam Kedua di Tengah Pandemi Corona

MAJALENGKA - Para petani di Kelurahan Majalengka Kulon, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka, memulai menanam padi, Senin (13/4). Para petani tetap melakukan aktivitasnya dengan tanam padi di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Seorang buruh tani yang tinggal di lingkungan Garunggang Kelurahan Majalengka Kulon, Ikin (78) menyebutkan, dirinya sebagai buruh tani mendapatkan kepercayaan untuk menggarap sawah di Blok Rorogan Balong, Majalengka. Setelah beres panen, ia langsung bersiap untuk menanam padi kedua kalinya.

“Saya tidak bisa diam di rumah karena harus menggarap sawah,” ujar pria asal Jati nunggal Sumedang ini.

Sementara itu, para petani di Desa Leuwikidang, Kecamatan Kasokandel, sebagian sudah menanam padi kembali. Sebagian lainnya baru tahap persiapan pengolahan lahan untuk ditanami.

Seorang pemilik lahan asal Desa Leuwikidang, Rohmat menuturkan, dengan tidak bermaksud mengabaikan imbauan pemerintah yang mengajak diam di rumah dan jaga jarak karena Covid-19, petani tetap menanam padi. Karena musim tanam setelah panen raya telah dimulai.

Sehingga menurutnya, sudah menjadi keharusan bagi masyarakat petani untuk kembali mengolah lahannya. Apalagi, kata Rohmat, mereka berkeyakinan dengan bergerak tubuh dan berjemur di sawah, virus tidak akan mendekat.

“Karena itu para petani di desa seperti biasa ke sawah. Sebagian ada yang sudah menanam kembali. Sebagian ada yang masih proses pengolahan lahan dengan mesin traktor,” tutur guru di SMKN 1 Majalengka ini. (ara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: