TNI-Polri Bagikan 500 Nasi Bungkus untuk Warga Terdampak Corona

TNI-Polri Bagikan 500 Nasi Bungkus untuk Warga Terdampak Corona

KUNINGAN - Polres dan Kodim Kuningan membagikan 500 nasi bungkus untuk warga dan pengguna jalan di depan Terminal Kertawangunan, kemarin (16/4). Pembagian nasi bungkus tersebut digelar saat jam makan siang sekitar pukul 12.30 WIB.

Satu persatu nasi bungkus dengan menu sederhana yang dimasak Polwan di atas mobil dapur umum milik BPBD dibagikan anggota polisi dan tentara kepada para pengguna jalan yang melintas seperti sopir angkot, driver ojek online (ojol) termasuk kernet dan kondektur bus tak lupa warga sekitar.

Pembagian nasi bungkus dalam rangka tanggap darurat Covid-19 tersebut pun digelar dengan menerapkan social distancing, tanpa antrean warga. Mereka tetap duduk di kendaraannya masing-masing lalu petugas mendatangi mereka satu-satu membawakan nasi bungkus.

\"Hari ini menunya ada yang telur semur dan juga pecel lele plus orek tempe. Masakan hasil kreasi anggota Polwan yang dimasak di Dapur Umum BPBD sejak pagi, kemudian kami bagikan di depan Terminal Kertawangunan dan juga desa sekitar,\" ungkap Kabag Ops Polres Kuningan Kompol Tri Sumarsono kepada Radar Kuningan.

Salah satu driver ojol bernama Hendi mengaku sangat terbantu dengan bantuan nasi bungkus tersebut. Menurut Hendi, wabah corona telah membuat penghasilannya turun drastis hingga sulit untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.

\"Sebelum ada corona saya bisa narik penumpang sampai 20 orang, sekarang dapat tiga saja sudah untung. Makanya saya sangat senang setiap ada kegiatan bagi-bagi nasi bungkus pasti saya datangi. Kadang nasi bungkus ini saya bawa pulang untuk makan anak dan istri di rumah,\" ujar Hendi sedih.

Sementara itu, Dandim 0615 Kuningan Letkol Czi Karter Joyi Lumi mengatakan, kegiatan bagi-bagi nasi bungkus untuk warga ini digelar sebagai bentuk sinergitas TNI-Polri dalam menghadapi wabah Covid-19.

\"Anjuran pemerintah meminta masyarakat untuk tetap tinggal di rumah sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona praktis berdampak pada penghidupan masyarakat, hingga harus kehilangan mata pencarian. Oleh karena itu, untuk antisipasi kami Polri dan TNI menghadapi kesulitan masyarakat minimal untuk kebutuhan pangan, kami sediakan nasi bungkus saat makan siang bagi warga sekitar terminal,\" ungkap Lukman.

Ditambahkan Kapolres Kuningan AKBP Lukman Syafri Dandel Malik, kegiatan bagi-bagi nasi bungkus tersebut adalah kali kedua digelar dan direncanakan akan berlanjut hingga hari-hari berikutnya. Tidak menutup kemungkinan, lanjut Lukman, kegiatan sosial tersebut akan digelar berpindah tempat bergiliran untuk menjangkau lebih banyak masyarakat di Kabupaten Kuningan.

\"Kami akan instruksikan kepada Polsek dan Koramil untuk menggelar kegiatan serupa di wilayahnya masing-masing. Mudah-mudahan dengan cara ini tidak ada warga Kuningan yang harus kelaparan di tengah wabah corona seperti sekarang. Juga kami mengajak kepada seluruh instansi baik pemerintah maupaun swasta, organisasi masyarakat dan pemuda mari bahu membahu melakukan sesuatu untuk mengatasi kesulitan yang dialami masyarakat di tengah pandemi corona ini,\" ujar Lukman. (fik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: