FHPTK Pastikan Guru Honorer Terima Gaji

FHPTK Pastikan Guru Honorer Terima Gaji

CIREBON – Di tengah wabah pandemik covid-19 dan terpaksa KBM di sekolah ditiadakan, namun seluruh hak guru honorer yakni gaji bulanan tetap diterima.

Ketua Forum Honorer Pendidik dan Tenaga Kependidikan (FHPTK) Kabupaten Cirebon, Soleh Abdul Gofur kepada Radar Cirebon mengatakan, pihaknya melakukan pemantauan terkait hak guru honorer di tengah pandemi covid 19. “Kita sudah pantau, alhamdulillah seluruh hak teman-teman guru honorer terbayarkan dengan tepat waktu,” ujarnya, kemarin.

Pihaknya belum mendapatkan laporan atau keluhan dari guru honorer yang tidak diberikan haknya selaku guru honorer. “Kita belum terima laporan ya kalau ada rekan kita yang gajinya terlambat atau bahkan belum dibayarkan,” tuturnya.

Soleh mengatakan, meskipun memang KBM di sekolah ditiadakan karena imbas pandemi covid 19, namun kewajiban guru honorer tetap dilaksanakan. Tidak ada KBM di sekolah tetapi kan para guru honorer tetap melakukan kewajibannya. Ada yang membimbing belajar melalui online,juga yang tetap memantau KBM di rumah anak didiknya,”  tegasnya.

Namun yang menjadi persoalan saat ini, guru honorer menurut Soleh, kehilangan pekerjaan sampingan. “Jadi begini, guru honorer kan tidak bisa hanya mengandalkan pendapatan dari guru honorer. Namun ada pekerjaan sampingan. Nah, saat ini hampir sebagian besar atau seluruhnya guru honorer kehilangan pekerjaan sampingan karena memang imbas dari covid 19,” ujarnya.

Sehingga kondisi guru honorer saat ini lebih buruk dari pada sebelum pandemi. “Mereka usaha sampingan kayak berdagang. Ya sekarang susah untuk berdagang, karena kita tahu sendiri kondisi saat ini sangat sepi kita usaha apapun,” tuturnya.

Soleh berharap ada perhatian dari Pemkab Cirebon terkait kondisi guru honorer yang kehilangan usaha sampingan untuk menutupi biaya hidup sehari-hari. “Sekarang kesejahteraan guru honorer benar-benar dipertaruhkan. Karena sebelum covid saja banyak yang belum sejahtera, apalagi saat ini tambah parah. Sehingga kami harap ada perhatian dari pemerintah untuk membantu kesejahteraan guru honorer dimasa covid 19 ini,” ujarnya. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: