Napi Asimilasi dapat Bantuan Sembako

Napi Asimilasi dapat Bantuan Sembako

KUNINGAN - Puluhan narapidana Lapas Kelas IIA Kuningan yang mendapat pembebasan dalam program asimiliasi di rumah terkait antisipasi Covid-19, mendapat bantuan paket sembako dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), kemarin (28/4).

Pembagian paket sembako dilakukan petugas Lapas Kuningan dengan mendatangi satu persatu napi asimiliasi tersebut di kediamannya khusus yang berdomisili di wilayah Kabupaten Kuningan. Penyaluran bahan makanan tersebut pun mendapat pengawalan petugas dari Koramil, Polsek dan juga aparat desa setempat. 

Humas Lapas Kuningan Yudi Wahyu mengungkapkan, pemberian bantuan sembako tersebut merupakan program pemerintah pusat yang melibatkan Baznas. Mereka dikategorikan sebagai orang baru di masyarakat yang belum berpenghasilan dan perlu diberi bantuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

\"Diharapkan dari bantuan tersebut bisa memenuhi kebutuhan hidup napi dan keluarganya selama masa asimiliasi ini. Selain itu, selama proses transisi kembali ke masyarakat ini mereka tidak mengulangi perbuatan kriminalnya,\" ungkap Yudi.

Yudi menambahkan, hingga saat ini sudah 78 warga binaan Lapas Kuningan yang mendapatkan pembebasan terkait pencegahan penyebaran Covid-19. Dari jumlah tersebut, sudah 28 orang yang mendapat bantuan sembako dari Baznas dan secara bertahap akan menjangkau yang lainnya. \"Karena domisili warga binaan yang bebas tersebut tersebar, maka penyalurannya pun tidak bisa dilakukan serentak sekaligus. Hingga saat ini baru 27 napi yang sudah kami bagi paket sembako tersebut, selanjutnya yang lain menyusul. Tapi hanya yang berdomisili di Kabupaten Kuningan saja,\" ujar Yudi. (fik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: