Beradar Kabar Jutaan Rokok Sampoerna Terpapar Virus Corona, Begini Faktanya

Beradar Kabar Jutaan Rokok Sampoerna Terpapar Virus Corona, Begini Faktanya

JUTAAN rokok Sampoerna dikabarkan terpapar virus Corona (Covid-19). Itu karena terdapat karyawan Sampoerna yang positif corona.

Kabar tersebut diunggah akun Facebook Hansen Latuconsina, pada 30 April 2020.

Berikut isinya:

\"Jutaan Produksi Rokok Yang Terpapar Covid-19 Beredar Luas Di Masyarakat

Setelah sebelumnya 3 pabrik rokok besar terpapar Virus Corona, kini pabrik rokok Sampoerna terinfeksi Covid-19.

Ambisi China untuk menebar Covid-19 di Indonesia dilakukan dengan segala cara.Bukan hanya dari masuknya jutaan WNA China, namun berbagai produk yang berasal dari pabrik-pabrik milik Konglomerasi China pun menjadi sarana penebar senjata biologis mematikan tersebut.Sumber : Komunitas Intelijen

https://www.suarasurabaya.net/…/kompleks-pabrik-sampoerna…/…

Forbes : Konglomerat terkaya adalah pemilik usaha rokok: https://bisnis.tempo.co/…/3-konglomerat-terkaya-di-indonesi…\"

Klaim jutaan rokok Sampoerna terpapar Covid-19, tidak terbukti benar. Hal itu dibuktikan dari artikel yang ditautkan pemilik akun yang berjudul: \"Kompleks Pabrik Sampoerna Terinfeksi Covid-19 Ditutup, 500 Karyawan Diliburkan\" yang dimuat situs suarasurabaya.net, pada 29 April 2020.

Dalam artikel itu disebutkan kompleks Pabrik PT HM Sampoerna Tbk di kawasan Rungkut, Surabaya, ditutup setelah dua orang karyawan meninggal terjangkit Covid-19. Kurang lebih 500 karyawan diliburkan.

Namun, dalam artikel tidak disebutkan kalimat yang menyatakan jutaan rokok Sampoerna terpapar COVID-19 beredar di masyarakat.

Terlebih pihak Sampoerna telah melakukan klarifikasi. Direktur, PT HM Sampoerna Tbk Elvira Lianita menyatakan, Sampoerna telah melakukan karantina produk selama lima hari sebelum akhirnya didistribusikan ke konsumen dewasa.

Karantina tersebut dua hari lebih lama dari batas atas stabilitas lingkungan Covid-19 yang disarankan oleh European Centre for Disease Prevention and Control (European CDC) dan World Health Organization (WHO). Yaitu, Covid-19 dapat bertahan selama 72 jam pada permukaan plastik dan stainless steel, kurang dari 4 jam pada tembaga dan kurang dari 24 jam pada kardus.

\"Selain mematuhi semua peraturan yang berlaku dan menjalankan protokol kesehatan, Sampoerna telah memastikan bahwa kualitas produk merupakan prioritas perusahaan,\" kata Elvira dikutip dari Liputan6.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: