Dapat Bantuan Sembako dari Presiden

Dapat Bantuan Sembako dari Presiden

CIREBON - Kota Cirebon bakal mendapat kucuran bantuan sembako dari Presiden RI bagi masyarakat miskin dan terdampak covid-19. Hal tersebut terungkap saat teleconference jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon dan Polres Cirebon Kota bersama Kepala Sekretariat Presiden RI, Selasa siang (5/5).

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPPA), Iing Daiman SSos MSi menjelaskan, Kota Cirebon terpilih menjadi salah satu sasaran penyaluran bantuan presiden berupa sembako bagi masyarakat miskin dan terdampak covid-19. Dalam program yang disalurkan kali ini, diketahui hanya ada 11 kota yang mendapatkannya.

Menurutnya, jumlah bantuan yang didapatkan masing-masing kota adalah 5.000 paket berisi 10 kilogram beras, minyak goreng, mi instan, dan teh celup. Untuk sasarannya, diserahkan kepada setiap kota.

Pihaknya berencana untuk mengalokasikannya bagi warga miskin dan terdampak yang belum menjadi penerima bantuan yang sudah diprogramkan sebelumnya, baik itu yang bersumber dari pemerintah pusat, provinsi, maupun APBD Kota Cirebon.

“Untuk teknis penyediaan logistik bantuannya akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan staf dari kantor kepresidenan, apakah datang sudah dalam bentuk logistik atau bagaimana,” ujar Iing, kepada Radar Cirebon, Selasa (5/5).

Sedangkan untuk penerima bantuan, pihaknya sedang berdiskusi dengan beberapa kepala SKPD terkait sektor binaan mereka yang belum tersentuh bantuan sebelumnya.

Misalnya untun sektor perikanan yang saat ini kondisinya sedang lesu akan direncanakan agar bantuan ini dialokasikan buat nelayan, kemudian sektor pelaku jasa transportasi yang saat ini tengah terpuruk juga direncanakan akan dimasukkan menjadi penerima bantuan ini.

Pihaknya berharap waktu untuk mendistribusikan bantuan dari presiden ini bisa segera direalisasikan dalam waktu dekat ini, mengingat saat ini kota Cirebon akan memberlakukan PSBB, dan dengan datangnya bantuan tersebut akan terbermanfaat baginwarga miskin dan terdampak covid-19. (azs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: