Distribusi Bantuan Sosial Presiden

Distribusi Bantuan Sosial Presiden

CIREBON - Bantuan sosial dari presiden untuk 5 ribu warga Kota Cirebon mulai didistribusikan. Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindugan Anak (DSP3A), Iing Daiman menjelaskan, pendistribusikan bantuan melalui satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait.

Beberapa dinas yang terlibat diantaranya Dinas Perhububungan (Dishub), Dinas Pendidikan (Disdik), Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (DKOKP), Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), DInas Pendidikan, DSP3A dan Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD).

Semua SKPD yang menjadi leading sector distribusi bansos telah bergerak melakukan distribusi ke masyarakat. “Dari pemerintah pusat menyerahkan penyaluran 5 ribu paket sembako ke pemerintah daerah. Pertimbangan karena pemerintah setempat yang paling mengetahui siapa yang perlu dibantu,” ujar Iing, kepada Radar Cirebon, Jumat (8/5).

Sebanyak 5 ribu paket sembako berisi beras 10 kilogram, minyak goring 1 liter, gula pasir 1 kg dan satu kotak teh. Adapun penerima berasal dari kelompok warga terdampak di SKPD tersebut. Misalnya dishub menyalurkan warga terdampak covid-19 di bidang perhubungan seperti pengemudi dan juru parkir.

Kemudian tour guide, seniman, pelaku pariwisata disalurkan DKOKP, kelompok tenaga kerja yang dirumahkan oleh disnaker dan seterusnya. “Distribusi sedang berlangsung oleh SKPD berdasarkan nama-nama yang ada,” jelasnya.

Sebelumnya, Daryati, perwakilan dari Kesekretariatan Kepresidenan mengungkapkan, penyaluran bantuan tersebut diserahakan sepenuhnya kepada pemerintah daerah. Sebab, pemerintah di daerah lebih mengetahui sasaran yang perlu dibantu.  “Untuk pelaksanaannya kapan, terserah. Kami hanya meminta daftar nama saja,” ungkap Daryati. (abd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: