Wabah Covid-19 Aktivitas Pelabuhan Cirebon Normal

Wabah Covid-19 Aktivitas Pelabuhan Cirebon Normal

CIREBON - Selama pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Kota Cirebon, aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Cirebon masih berjalan normal.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Cirebon Wismantono.

\"Untuk saat ini aktivitas masih normal. Karena di Pelabuhan Cirebon bukan pelabuhan penumpang, lebih banyak ke logistik. Berdasrkan surat edaran dari dirjen bahwa pasokan logistik harus diutamakan dan jangan sampai terhambat,\" ungkapnya didamping Humas KSOP Pelabuhan Cirebon M Dani Djaelani, Selasa (12/5).

Wismantono menuturkan, jumlah kunjungan kapal yang masuk ke Pelabuhan mengalami penurunan. \"Memang kalau kunjugan kapal memang ada penurunan tapi tidak terlalu signifikan,\" tuturnya.

Masih kata Wismantono, pihaknya telah membentuk tim terpadu dan menetapkan standar operasional prosedur (SOP) pelayanan dan operasional di pelabuhan.

“Memutus mata rantai keluar masuk orang di Pelabuhan Cirebon, kami lakukan skrining di pos 1 yang kami buka.  Kemudian kami lakukan pemeriksaan standar protokol. Kalau ditemukan yang suhunya di atas 37 derajat, orang umum maupun kru kapal tidak boleh masuk maupun keluar pelabuhan. Kalau ada masyarakat yang tidak memakai masker, maka kami bagika masker secara gratis yang kami sediakan di pos 1,” katanya.

Kaitan dengan pelaksanaan teknis pemeriksaan ABK, khususnya kapal asing, lanjut Wismantono, sesuai dengan regulasi Dirjen perhubungan laut, tim KKP Kemenkes memeriksa di perairan dengan jarak jauh 12-19 mil.

\"Sebelum sandar ke pelabuhan baik kapal asing maupun lokal, pemeriksaan dilakukan di perairan. KKP akan memberikan rekomendasi jika ada indikasi ABK terganggu kesehatanya dan kapalnya, tidak boleh sandar. Kalau kapal asing tidak boleh masuk pelabuhan,\" imbuhnya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: