Subsidi Paket Sembako, PCNU Distribusi dengan Cara COD

Subsidi Paket Sembako, PCNU Distribusi dengan Cara COD

Wabah pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) di bulan suci Ramadan berdampak pada kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas). PCNU Kabupaten Cirebon mencoba membantu kebutuhan masyarakat yakni salah satunya dengan menggelar Operasi Pasar Murah (OPM).

SAMSUL HUDA, Sumber

OPM dalam bentuk subsidi dari setiap paket yang didistribusikan. Subsidi sendiri berasal dari berbagai pihak di antaranya Bupati Cirebon. Sehingga ada selisih harga antara harga normal dengan pembelian via OPM.

Ketua Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Kabupaten Cirebon Surahman mengatakan, program OPM ini merupakan ikhtiar yang telah rutin dijalankan setiap tahun, dengan membuka bazar sembako murah selama bulan Ramadan. Tentunya harga yang ditawarkan pun sangat murah dan terjangkau.

“Namun, pasar murah kali ini dilakukan dengan cara berbeda. Yakni melalui cash and delivery (COD),\" kata Surahman, kepada Radar, saat ditemui di PCNU Sumber, kemarin (12/5).

Dia menjelaskan, untuk teknis pelaksanaannya tetap berbasis Majelis Wakil Cabang (MWC) NU tingkat kecamatan. Sebelumnya, MWC mendata nama-nama calon konsumen di kecamatan tersebut. Nanti barang akan dikirimkan langsung ke rumah konsumen dengan cara COD (bayar langsung di tempat).

Oleh karena itu, penyelenggaraan OPM ini tidak akan membuka stan seperti tahun-tahun sebelumnya. Lantaran berpotensi menjadi tempat kerumunan yang dilarang dalam kondisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di tengah wabah Covid-19. \"Kami memfasilitasi untuk operasional distribusinya,\" terangnya.

Surahman menyampaikan, lokasi pendistribusian kali ini tersebar di 10 titik kecamatan dengan 1.000 paket sembako. Per Kecamatan untuk 100 paket.

\"Setidaknya, OPM ini dapat meringankan beban kebutuhan sehari-hari, di mana di bulan Ramadan dan menjelang hari Raya Idul Fitri biasanya harga-harga kebutuhan bahan pokok melonjak tinggi,\" paparnya.

Sementara itu, Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Cirebon, KH Aziz Hakim Syaerozi berharap OPM masa pandemi Covid-19 ini berjalan lancar. Dia meminta maaf kepada MWC-MWC dan masyarakat, karena kondisinya sedang ada kebijakan pembatasan, OPM tidak diselenggarakan di banyak MWC.

“Kalau tahun lalu OPM hampir diadakan di semua MWC, tahun ini karena Covid-19 kita batasi. Tetapi semangatnya tetap sama. Mudah-mudahan bisa membantu masyarakat terdampak Corona,” harapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: