KA Kaligung Kembali Layani Penumpang Tujuan Cirebon-Semarang Mulai 19 Juni, Berikut Jadwalnya

KA Kaligung Kembali Layani Penumpang Tujuan Cirebon-Semarang Mulai 19 Juni, Berikut Jadwalnya

CIREBON - PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali mengoperasikan perjalanan KA Reguler. Kali ini KA Kaligung bakal melayani penumpang tujuan Cirebon-Semarang. Hal tersebut diungkapkan Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Luqman Arif.

“KA Reguler yang beroperasi tersebut yaitu KA Kaligung dengan relasi Cirebon Prujakan–Semarang Poncol PP, dan KA Kaligung dengan relasi Brebes–Semarang Poncol PP. Beroperasinya mulai Jumat (19/6),” ungkapnya.

Pengoperasian KA Kaligung ini, Luqman menjelaskan, KAI hanya menjual tiket 70% dari kapasitas tempat duduk yang tersedia.

\"Ini tujuannya untuk menjaga jarak antar penumpang selama dalam perjalanan. Khusus bagi penumpang dengan usia di atas 50 tahun, petugas akan mengatur tempat duduknya saat dalam perjalanan, sehingga tidak bersebelahan dengan penumpang lain,\" jelasnya.

Dikatakan Luqman, ada beberapa persyaratan bagi penumpang yang harus dipenuhi.

\"Untuk perjalanan menggunakan KA Kaligung ini, selain diharuskan dalam kondisi sehat, penumpang wajib menggunakan masker dan mengenakan pakaian lengan panjang atau jaket sebagai upaya meminimalisir penyebaran dan memutus virus Covid-19,” katanya.

Terkait soal tiket, Luqman menjelaskan, masyarakat bisa melakukan pemesanan secara online melalui aplikasi KAI Access dan channel online lainnya mulai H-7 keberangkatan KA.

\"Sedangkan penjualan tiket di loket stasiun hanya dilayani mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA,\" jelasnya.

Luqman menerangkan, dengan dioperasikannya KA Kaligung ini, maka per 19 Juni 2020 di wilayah Daop 3 Cirebon baru mengoperasikan total 10 KA atau baru 7% dari total 134 KA penumpang reguler yang beroperasi di wilayah Daop 3 Cirebon. 10 KA tersebut yaitu KA Ranggajati (2 KA), KA Bengawan (2 KA), KA Tegal Ekspres (2 KA), dan KA Kaligung (4 KA).

“KAI baru menjalankan sebagian perjalanan KA Reguler dengan pertimbangan penerapan PSBB di berbagai wilayah. Pengoperasian kembali KA Reguler ini akan terus kami evaluasi perkembangannya,” terangnya.

Luqman menuturkan, untuk volume penumpang KA Reguler selama 5 hari atau dari tanggal 12 hingga 16 Juni 2020 tercatat sebanyak 145 penumpang naik dari Stasiun Cirebon dan Stasiun Cirebon Prujakan.

“Di mana pada hari pertama terdapat 16 penumpang, hari kedua sebanyak 27 penumpang, hari ketiga sebanyak 41 penumpang, hari keempat sebanyak 24 penumpang, dan hari kelima sebanyak 37 penumpang naik di wilayah Daop 3 Cirebon,” tuturnya.

Luqman menambahkan, perjalanan KA dalam masa adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif dan aman Covid-19, penumpang diimbau untuk datang di stasiun paling lambat 30 menit sebelum jadwal keberangkatan.

“Hal ini dikarenakan pada saat proses boarding ada tahapan pemeriksaan oleh petugas dan kelengkapan penumpang lainnya sebelum diizinkan masuk. KAI mengimbau agar masyarakat mematuhi protokol yang sudah ditetapkan, agar penyebaran Covid-19 dapat dicegah,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: