Penerapan Teknologi dalam Promosi Usaha Pertahankan UMKM melalui PKU Online

Penerapan Teknologi dalam Promosi Usaha Pertahankan UMKM melalui PKU Online

CIREBON - Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM konsisten memberikan Pendampingan kepada nasabah baik ULaMM maupun Mekaar.

Tahun ini sedikit berbeda, program PKU yanga biasanya dilakukan melalui pertemuan fisik, saat ini dialihkan menjadi pertemuan secara online meIalui berbagai sarana yang tersedia.

Meskipun berbeda, namun kegiatan pelatihan, pembinaan, dan pendampingan nasabah tetap berjalan dengan berbagai penyesuaian mengikuti protokol kesehatan yang berIaku.

Masa Pandemi merupakan masa sulit untuk pelaku usaha khususnya pelaku usaha mikro. Oleh sebab itu, PT PNM melakukan kegiatan pelatihan secara online yang disebut PKU Online.

PKU Online ini dilakukan dengan tema Kebutuhan Penerapan Teknologi Dalam Promosi Usaha Di Era Digitaiisasi di Cirebon melalui Zoom Meeting, Rabu (15/7).

Pemimpin PNM cabang Cirebon, Irmana mengatakan, kegiatan pelatihan daring ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pemahaman kepada nasabah bahwa ,teknologi sangat diperlukan dalam mendukung kemajuan usaha di era saat ini.

\"Sepanjang tahun 2020, PNM telah melaksanakan sebanyak 39 kegiatan PKU termasuk 28 kegiatan Temu Usaha Nasabah Unit (TUNU) dan 11 kegiatan Temu Usaha Nasabah Mekaar (TUNM) di wilayah Cirebon. Per Juni 2020, PNM membina 1.307 nasabah ULaMM dan 103.020 nasabah Mekaar di Cirebon, Jawa Barat,\" katanya.

Irmana menjelaskan, saat ini PNM memiliki leblh dari 3.000 kantor Iayanan di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 34 Provinsi, 427 Kabupaten/Kota dan  4.276 Kecamatan.

\"PT Permodalan Nasional Madani (PNM) persero merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengemban tugas khusus memajukan ekonomi kerakyatan dengan memberikan pembiayaan, Pendampingan dan pembinaan usaha kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menenga (UMKM),\" jelasnya.

Diungkapkan Irmana, PNM memiliki dua produk unggulan yaitu Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) yang memberlkan layanan kepada perempuan prasejahtera pelaku usaha ultra mikro dan Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) yang diperuntukan kepada pelaku UMKM.

\"Dalam merealisasikan komitmen untuk memberlkan pendampingan dan pembinaan kepada nasabah, PNM melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) memberikan pendampingan dan pembinaan usaha kepada nasabah, baik berupa pelatihan tematik hingga pembinaan dan pelatihan kelompok usaha (klaster) yang berdasarkan pada kesamaan wilayah ataupun jenis usaha,\" ungkapnya. (rdh/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: