Tidak Hanya Menghilangkan Kantuk, Berikut 5 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula

Tidak Hanya Menghilangkan Kantuk, Berikut 5 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula

Tidak Hanya Menghilangkan Kantuk, Berikut 5 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula-download-theasianparrent.com

radarcirebon.com – Kita sudah mengetahui kalau manfaat meminum kopi itu untuk menghilangkan kantuk. Tapi di balik rasanya yang pahit, manfaat kopi hitam tanpa gula teernyata baik untuk kesehatan juga.

Minuman satu ini mengandung kafein di dalamnya hingga dapat membuat tubuh kita bersemangat dan bernergi. Tapi di samping itu, kopi juga mengandung protein, karbohidrat, sedikit lemak, dan masih banyak lagi.

Karena itu, wajar bila manfaat kopi hitam tanpa gula itu banyak. Berikut ini adalah 5 manfaatnya

BACA JUGA:Kesehatan Mental Adalah Kunci Hidup Bahagia

1. Menjaga fungsi otak

Salah satu manfaat kopi hitam tanpa gula adalah mencegah penurunan fungsi otak. Kabarnya, jenis minuman ini bisa membantu menurunkan risiko Alzheimer hingga demensia.

Kandungan kopi hitam juga disebut bisa memperlambat penurunan fungsi otak akibat pertambahan usia. Selain itu, sehubungan kafein yang dapat meningkatkan daya fungsi otak, dengan kata lain kopi dapat meningkatkan daya ingat juga.

2. Mencegah diabetes

Kandungan kafein tidak hanya baik untuk organ otak, tapi juga bisa menurunkan risiko penyakit. Konsumsi kopi hitam disebut bisa membantu menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2 karena kafein bisa meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

BACA JUGA:4 Cara Membersihkan Ginjal Dalam 3 Hari Saja, Cegah Penyakit Batu Ginjal

3. Mempertahankan berat badan ideal

Manfaat kopi hitam tanpa gula yang ketiga adalah mempertahankan berat badan ideal.

Studi yang dipublikasikan di European Journal of Clinical Nutrition mengamati perbandingan frekuensi minum kopi antara individu yang ingin menurunkan berat badan dengan yang tidak.

Hasilnya, mereka yang ingin menurunkan berat badan dilaporkan minum lebih banyak kopi dan minuman berkafein daripada mereka yang tidak.

Jadi, konsumsi minuman berkafein mungkin dapat mendukung pemeliharaan atau usaha penurunan berat badan seseorang

BACA JUGA:Film Marvel yang Akan Datang di Tahun 2023

4. Menghindari depresi

presi bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Namun, ada cara unik untuk menurunkan risiko penyakit mental ini, yaitu dengan rutin mengonsumsi kopi hitam.

Ini karena kopi hitam disebut mengandung antidepresan yang bisa menurunkan risiko depresi.

5. Mengurangi risiko batu empedu

Ada berbagai manfaat kafein dalam kopi yang disebut-sebut dapat mencegah pembentukan batu empedu.

Ini karena kandungan kopi mampu mencegah pembentukan kolesterol yang menyebabkan pembentukan kristal atau batu di kantung empedu.

Kandungan tersebut dapat merangsang kontraksi di kantung dan meningkatkan aliran empedu, sehingga kolesterol tidak menumpuk di sana.

Itu tadi 5 manfaat kopi hitam tanpa gula bagi kesehatan tubuh. Meskipun banyak manfaat yang kita dapat dari meminumnya, tapi kamu perlu menjaga kadar konsumsi kafein kamu perhari.

BACA JUGA:Bahaya Ketumbar untuk Ginjal, Tidak Melulu Baik untuk Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: