Pertamina Patra Niaga SHAFTHI Raih Penghargaan Bergengsi di Nusantara CSR Awards 2024

Kamis 18-07-2024,14:00 WIB
Reporter : Dedi Haryadi
Editor : Leni Indarti Hasyim

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Pertamina Patra Niaga Soekarno-Hatta Aviation Fuel Terminal & Hydrant Instalation (SHAFTHI) kembali meraih prestasi dalam menjalankan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di ajang Nusantara CSR Awards 2024 yang diselenggarakan di Bali Room Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta.

Pada acara penganugerahan tersebut, Pertamina Patra Niaga SHAFTHI menerima Trophy KERIS Kehormatan Nusantara CSR Awards pada Rabu (17/07) sebagai penghargaan atas dedikasi dan kontribusinya dalam transformasi bisnis berkelanjutan.

Nusantara CSR Awards merupakan bagian dari roadmap apresiasi ESG (Environmental, Social, and Governance) NUSANTARA yang diinisiasi oleh La Tofi School yang bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada perusahaan yang berkontribusi besar pada aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola bisnis.

Program TJSL unggulan Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat dalam ajang tersebut adalah Betel Leaf Empowerment Hub Program yang berhasil meraih penghargaan tertinggi dalam hal inisiatif memberikan dampak signifikan dan berkelanjutan bagi masyarakat dengan kategori Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.

BACA JUGA:Kecelakaan Tunggal di Sindangbarang Kuningan, Truk Tangki Terguling Setelah Menabrak Kios Burung

Betel Leaf Empowerment Hub Program diakui oleh Dewan Forensik ESG NUSANTARA karena keberhasilannya menciptakan dampak luas dan perubahan signifikan bagi komunitas yang terlibat dan tidak hanya fokus pada pemberdayaan ekonomi tetapi juga mempromosikan penggunaan sumber daya alam khususnya daun sirih secara berkelanjutan melalui berbagai kegiatan pelatihan dan pengembangan kapasitas.

Program ini diinisasi oleh Pertamina Patra Niaga SHAFTHI dalam rangka memberdayaan komunitas yang berada di Kelurahan Mekarsari Kota Tangerang yang menjadi fokus dari program berdasarkan hasil social mapping. Program ini telah mendapatkan pengakuan dari pemerintah setempat, termasuk penghargaan Program Kampung Iklim (PROKLIM) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang menunjukkan adanya dampak positif terhadap lingkungan dan masyarakat.

Tujuan utama dari Betel Leaf Empowerment Hub Program adalah untuk memanfaatkan potensi budidaya daun sirih guna meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial masyarakat di Kampung Sirih. Program ini melibatkan berbagai kelompok masyarakat, termasuk bapak-bapak dari Kelompok Kampung Sirih yang dilatih dengan budidaya daun sirih dan pengelolaan bank sampah serta ibu rumah tangga yang tergabung dalam Kelompok IBU KOS dan Kelompok KEMBANGSRI juga turut diberdayakan untuk mengelola budidaya daun sirih menjadi produk bernilai ekonomi seperti Batik Ecoprint, keripik sirih, teh SIJALE (Sirih Jahe Lemon) dan sabun sirih.

Selain itu, kelompok pemuda yang belum bekerja dan tergabung dalam Kelompok Pemuda Inovatif juga ikut dilibatkan dalam program ini. Mereka tidak hanya mendapat pelatihan dalam pengolahan daun sirih tetapi juga dalam pembuatan sabun sirih dan pestisida organik yang ramah lingkungan sehingga pemuda-pemuda ini ikut berkontribusi dalam produksi dan pemasaran sabun sirih serta pestisida organik yang merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan menjaga keberlanjutan lingkungan di Kampung Sirih Mekarsari.

BACA JUGA:Mengenal Sosok Syekh Nurjati, Ulama yang Menyebarkan Islam Pertama di Cirebon

Manager Pertamina Patra Niaga SHAFTHI Ridwan menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dan pengakuan atas program TJSL yang telah dilaksanakan di wilayah operasionalnya.

"Penghargaan ini sebagai bukti nyata atas komitmen kami untuk terus mendukung keberlanjutan dan kesejahteraan masyarakat. Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam Betel Leaf Empowerment Hub Program," ujar Ridwan.

Betel Leaf Empowerment Hub Program sejalan dengan beberapa poin yang terdapat dalam Sustainable Development Goals(SDGs), yaitu nomor 8 (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi) dan nomor 12 (Produksi dan Konsumsi yang Bertanggung Jawab) serta dengan upaya nyata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal dan menjaga keberlanjutan lingkungan.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan mengatakan pencapaian ini merupakan hasil dari kerja keras dan dedikasi seluruh tim dalam mengembangkan Betel Leaf Empowerment Hub Program dan diharapkan dapat terus memberikan manfaat yang berkelanjutan dan memberikan inspirasi bagi orang lain.

BACA JUGA:Strategi Kotoran Singa Terbukti Jitu, Macan Tutul di Desa Gunungmanik Kuningan Minggat

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dan mendukung program ini. Pertamina Patra Niaga SHAFTHI akan melanjutkan dedikasinya dalam menjalankan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dengan komitmen tinggi serta terus berupaya untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar,” tutup Eko.

Kategori :