Dampak Buruk Konsumsi Santan Berlebihan

Dampak Buruk Konsumsi Santan Berlebihan

4. Penyempitan pembuluh darah

Penyempitan pembuluh darah atau aterosklerosis terjadi karena adanya sumbatan dari plak. Plak ini sendiri terdiri dari kolesterol dan endapan lemak jahat.

Saat plak terbentuk, dinding arteri kehilangan elastisitas yang mengurangi aliran darah dan menyumbat asupan oksigen ke otak dan sel tubuh lainnya. Sehingga, jika terdapat sumbatan dalam jumlah besar, maka hal ini bisa menyebabkan munculnya penyakit jantung koroner yang sangat berbahaya.

5. Meningkatkan tekanan darah

Tingginya kolesterol dalam makanan yang dikonsumsi akan berpengaruh terhadap hipertensi, atau tekanan darah tinggi. Hipertensi merupakan kondisi saat tekanan darah pada dinding arteri meningkat. 

Dalam keadaan normal, arteri yang sehat bersifat fleksibel, kuat. dan elastis. Lapisan dindingnya halus, sehingga darah mengalir bebas dan mampu memasok nutrisi dan oksigen ke organ vital dan jaringan tubuh lainnya. 

Hal ini berubah ketika arteri mengalami penumpukkan plak atau endapan kolesterol jahat. Arteri menjadi tidak elastis, sehingga bisa menjadi faktor pencetus naiknya tekanan darah.

6. Diare

Kadar serat tinggi pada santan kelapa dapat menyebabkan gas yang berlebih dan memicu penekanan pada saluran pembuangan, sehingga proses pengentalan dan pengerasan feses jadi sulit terjadi. Kondisi ini menyebabkan munculnya keluhan nyeri perut dan diare. (len/net)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: