Curug dan Sungai Sadulur Cipanas Jadi Tempat Wisata Baru

Curug dan Sungai Sadulur Cipanas Jadi Tempat Wisata Baru

CIANJUR - Keberadaan Curug dan Sungai yang ada di Sadulur Cipanas, di Jalan Raya Cipanas Desa Sindanglaya, Kecamatan Cipanas jadi tempat wisata baru bagi pengunjung. Sebelumnya, keberadaan Lembah Sadulur tersebut merupakan tempat yang tergolong ekstrem.

Karena terdapat rumah liar yang dijadikan ajang prostitusi, bahkan tempat peredaran gelap narkoba kini, lokasi tersebut disulap menjadi destinasi wisata baru yang ada di Cipanas.

Ketua Pembina Sadulur Cipanas Dede Ihsan atau yang biasa disapa Ading itu mengatakan, perlahan dirinya berupaya untuk merubah image yang dulunya Lembah Cisarua. Kini berubah nama menjadi Lembah Sadulur, lalu ditata rapih dengan harapan bisa menjadi daya tarik wisatawan ataupun pengendara yang melintas di jalur tersebut.

\"Dengan berubahnya nama dari Lembah Cisarua menjadi Lembah Sadulur harapannya bisa membawa keberkahan, bagi banyak orang,\" kata Ading, Rabu (5/1/2022).

Selain itu keberadaan Lembah Sadulur saat ini juga sering dikunjungi dari beberapa sekolah SD yang ada di Cipanas. Hal tersebut untuk memberikan edukasi alam sejak dini terhadap anak sekolah.

\"Edukasi yang diberikan, di Lembah Sadulur ini terdapat sungai sehingga kami berikan pemahaman agar tidak membuang sampah ke sungai yang nantinya akan berdampak negatif terhadap lingkungan,\" katanya.

Ading mengatakan, tujuan dari pentaan Lembah Sadulur tersebut juga diharapkan agar bisa menjalin silaturahmi antar sesama.

\"Perlahan tapi pasti, hingga saat ini pentaan masih terus dilakukan. Mulai dari bersih-bersih sungai, Curug yang tingginya kurang lebih 150 meter dan menyiapkan tempat atau fasilitas umum bagi para pengunjung,\" paparnya.

Ading mengatakan, kurang lebih sudah berjalan empat bulan sejak Oktober 2021 kemarin hingga saat masih dilakukan penataan disekitar area Lembah Sadulur.

\"Saya informasikan, pengunjung yang datang ke Lembah Sadulur saat ini tidak dipungut biaya retribusi. Justru sebaliknya, bagi yang mau minum kopi kami sediakan,\" jelasnya.

Ading berkeinginan, bahwa kedepan Lembah Sadulur Cipanas bisa menjadi daya tarik pengujung atau wisatawan pada saat melintas di tikungan yang terkenalnya Lembah Koi.

\"Mudah-mudahan, keberadaan Lembah Sadulur ini bisa membawa manfaat bagi semua masyarakat Cipanas khususnya,\" tandasnya.(yis)

BACA JUGA:

·  Cuitan Berbau SARA Ferdinand: Kasihan Sekali Allahmu Ternyata Lemah Harus Dibela

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: