Satgas PKDRT Kota Cirebon Siap Bantu Perempuan dan Anak yang Mengalami KDRT

Satgas PKDRT Kota Cirebon Siap Bantu Perempuan dan Anak yang Mengalami KDRT

Dalam rangka mendeteksi dini KDRT di tiap kelurahan, Bidang PP DP3APPKB menggelar Bintek PKDRT, Kamis (21/7/2022).-Abdullah -Abdullah

Radarcirebon.com, CIREBON - Sebagai upaya membantu perempuan dan anak yang mengalami Kekerasan Dalam Rumah  Tangga (KDRT).

Bidang Pemberdayaan Perempuan Dinas Pemberdayaan Perempuan  Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kota Cirebon, Kamis (21/7/2022)  menggelar Bimbingan Teknis Satuan Tugas Pncegahan Kekerasan dalam rumah tangga (Satgas PKDRT). 

 BACA JUGA:Uji Coba MyPertamina Jawa Barat, Kota Cirebon Termasuk Juga Wilayah Ini Ayo Daftar

Kabid Pemberdayaan Perempuan, Siti Halimah menjelaskan, kegiatan penguatan jejaring antarlembaga penyedia layanan perlindungan perempuan kewenangan Kabupaten dan Kota melalui Bimbingan Teknis Satgas PKDRT,  sebagai upaya peningkatan sinergitras dalam  pencegahan dan penanganan kekerasan terhadap perempuyan dan anak. 

Pencegahan ini, lanjut Halimah,  tentu saja melalui berbagai pendekatan yang holistik, integratif dan berkelanjutan baik pemerintah , nonpemerintah dan masyarakat, khususnya partisipasi keluarga sangat mendasar untuk dilakukan saat ini. 

BACA JUGA:Imunisasi Dasar Lengkap Anak di Kota Cirebon Tertinggal 25 Persen, Pemkot Siap Mengejar

Bintek ini, lanjut Halimah, sangat penting khususnya dalam upaya mendeteksi dini dalam pencegahan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak serta lebih mengoptimalkan keterpaduan , keselarasan dan sinergiras program kegiatran antar sektor. 

Begitu juga perlunya dibentuk Satgas PKDRT di tiap kelurahan, masih kata Halimah, karena kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) tidak lepas dari masalah sosial yang bisa terjadi pada setiap keluarga. 

“korban kekerasan dalam rumah tangga, lebih dari 80 persen adalah perempuan dan anak anak,” bebernya. 

BACA JUGA:Polisi Jemput Paksa Nikita Mirzani di Mall, Anak Bungsu Sampai Menangis

Untuk itu, kata Halimah, hadirnya Satgas PKDRT ini juga sebagai tempat pelayanan bagi perempuan dan anak dalam hal perlindungan danm penanggulangan kekerasan termasuk juga perdagangan orang. 

Pihaknya berharap Satgas PKDRT ini bisa memperkyat perannya dalam melaksanakan dungsi untuk mencegah dan menurunkan jumlah kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak. 

Untuk itu, hadirnya Satgas ini fungsinya penjangkauan terhadap perempuan dan anak yang mengalami permasalahan.

BACA JUGA:Uji Coba MyPertamina Jawa Barat, Kota Cirebon Termasuk Juga Wilayah Ini Ayo Daftar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase