TMMD ke-114 Kodim 0620 Kabupaten Cirebon, Fokus Penanganan Stunting

TMMD ke-114 Kodim 0620 Kabupaten Cirebon, Fokus Penanganan Stunting

TMMD ke-114 Kodim 0620 Kabupaten Cirebon di Jatiseeng, Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon.--

Radarcirebon.com, CIREBON -- TNI Manunggal Membangun Desa alias TMMD ke-114 Kodim 0620 Kabupaten Cirebon digelar di Desa Jatiseeng Kidul, Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Cirebon H. Imron Rosadi. Ada yang berbeda dari TMMD sebelumnya. TMMD ke-114 ini dimulai dengan program percepatan penurunan stunting.

Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Dany Rakca Andalasawan mengatakan, TNI memiliki dua tugas yakni operasi perang dan selain perang. Ada 14 kategori operasi selain perang diantaranya membantu pemerintah untuk melakukan percepatan pembangunan nasional. 

Kiprah TNI dalam hal ini diantaranya melalui program TMMD yang digelar terutama di wilayah terpencil. TMMD merupakan wujud kemanunggalan antara TNI dan rakyat untuk melaksanakan pembaungan baik fisik maupun non fisik.

BACA JUGA:Masih Diburu, Kopda M Terancam Dipecat Jika Terbukti Bersalah dalam Dugaan Rencana Pembunuhan RW

Danrem menjelaskan, bulan lalu Kepala Staf Angkatan Darat diangkat menjadi orang tua asuh anak stunting Nasional. Maka jajaran TNI menindaklanjuti untuk bersama stakeholder dan unsur elemen lain membantu percepatan penurunan stunting. 

Dalam upaya melakukan percepatan penurunan stunting ada beberapa tahapan dari pra penanganan seperti pendataan, sosialisasi kepada ibu hamil dan lainnya. Kemudian penanganan seperti pemberian makanan tambahan kepada masyarakat yang memiliki anak stunting. 

Serta paska penanganan, merupakan tindaklanjutnya seperti kontrol dan pengawasan paska penanganan serta mengharap pihak swasta juga dapat berperan menjadi orang tua asuh bagi anak stunting.

BACA JUGA:Kecelakaan di Klayan Cirebon, Ada Motor Lain yang Bersenggolan dengan Korban

"Kami di wilayah menindaklanjuti perintah Kasad dimana sebulan lalu diangkat sebagai orang tua asuh stunting, masalah stunting sudah menjadi masalah nasional sehingga bukan hanya tugas kelompok tertentu tetapi menjadi tugas bersama," ungkap Danrem.

Sementara Bupati Cirebon Imron Rosyadi mengatakan pemkab Cirebon mendukung penuh TMMD ke-114 di Desa Jatiseeng Kidul. Bentuk dukungan tersebut dari anggaran serta peran serta dinas terkait baik yang sasaran fisik maupun non fisik.

Sementara itu Dandim 0620 Kabupaten Cirebon Letkol Inf Faurizal Noerdin mengatakan bahwa pihaknya akan memaksimalkan pelayanan pada TMMD ke-114 Tahun 2022.

"Fokus kita Prmbangunan fisik dan non fisik, utamanya untuk penanganan stunting demi menyehatkan seluruh masyarakat di Kabupaten Cirebon. kami berharap sinergitas dan kerja sama dengan semua lini terwujud dengan baik, kita bantu untuk gizi dan upaya lainnya agar angka stunting ini turun atau tidak ada lagi," ujarnya.

BACA JUGA:Film Laura Anna Akan Digarap Produser Ternama Turun Tangan, Begini Reaksi Publik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: