KPM IAI BBC Desa Waruruyom Munculkan 2 Program Unggulan

KPM IAI BBC Desa Waruruyom Munculkan 2 Program Unggulan

Mahasiswa Institut Agama Islam (IAI) Bunga Bangsa Cirebon (BBC) telah melaksanakan kegiatan Lokakarya dan Penutupan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) yang berlokasi di Desa Waruroyom, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon selama 40 hari terakhir. Kegiatan p--

Radarcirebon.com, CIREBON – Mahasiswa Institut Agama Islam (IAI) Bunga Bangsa Cirebon (BBC) telah melaksanakan kegiatan Lokakarya dan Penutupan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) yang berlokasi di Desa Waruroyom, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon selama 40 hari terakhir. Kegiatan penutupan itu dilakukan di Balaidesa Waruroyom pada Sabtu (26/8).


Ketua KPM Desa Waruroyom, Nindi Putriana mengatakan, total terdapat 11 mahasiswa yang melaksanakan program unggulan. Diantaranya, launching website Desa Waruroyom yakni waruroyom.desa.id dan produk UMKM yakni Tempe Krispy.

 “Total 8 perempuan dan 3 laki-laki yang melakukan program unggulan. Seperti membuat website dari awal sampai dengan jadi. Itu tahapan yang lama. Kita juga membuat Tempe Krispy yang nantinya akan dilanjutkan oleh karang taruna,” ujar Nindi.


Nindi juga menyampaikan, pihaknya mengharapkan program unggulan yang ditinggalkan bisa dilanjutkan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Waruroyom dan Karang Taruna yang ada. Sehingga, program tersebut tidak sia-sia dilakukan.

BACA JUGA:Judi Online Alias 303 di Cirebon, Penjual Slot di Sunyaragi hingga Gempol Tertangkap

“Kami harapkan dengan jiwa kreatif dan inovatif yang tinggi bisa meneruskan program yang kami tinggalkan. Dan kami berterima kasih sudah diterima di desa ini. Kami tidak akan lupa akan apa yang kami dapatkan selama 40 hari ini,” tuturnya.

Sementara itu, Dosen Pendamping Lapangan (DPL) KPM Desa Waruroyom, Fidya Arie Pratama MPd menyampaikan, kegiatan itu sebagai bentuk tridarma perguruan tinggi IAI BBC yang dilakukan oleh mahasiswa. Pihak kampus juga mengapresiasi kinerja mahasiswa selama KPM berlangsung.

“Kami puas akan kinerja mahasiswa-mahasiswi kami yang begitu melekat dan berkontribusi kepada masyarakat. Kami harap selepas lulus mereka bisa membangun dan memajukan desanya masing-masing,” jelasnya.

Masih di tempat yang sama, Kuwu Desa Waruroyom, Wardija mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi adanya KPM IAI BCC dan merasa bangga. Apalagi, kehadiran mahasiswa bisa bermanfaat bagi masyarakat. Terutama dalam segi pendidikan.

BACA JUGA:King Cobra di Kuningan Bikin Geger, Panjang 4 Meter, Warga Tak Ada yang Berani Menangkap

“Mereka mengajari ngaji bareng dan pendidikan lainnya. Kegiatan Lokakarya juga bermanfaat. Karena di sini banyak yang produksi tempe. Tapi ini ada cara baru agar bisa menambah nilai jual dari tempe itu. Kami apresiasi itu,” tegasnya.

“Kami juga terbantu dengan adanya website ini. Bahkan, kami harapkan ini juga bisa bermanfaat. Kami ucapkan terima kasih atas kehadiran mahasiswa. Mudah-mudahan apa yang didapatkan bisa menjadi bekal untuk nanti,” tandasnya.

Sekadar informasi, pelaksanaan KPM 2022 Institut Agama Islam (IAI) Bunga Bangsa Cirebon (BBC) berbasis Assets Based Community Development (ABCD) itu juga turut diadakan di 42 desa yang terdapat di 4 kecamatan, yakni Ciwaringin, Palimanan, Depok, Arjawinangun.

BACA JUGA:RW 15 Taman Nuansa Majasem Gelar Jalan Santai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: