Makna Maulid Nabi Muhammad SAW Bagi Umat Islam, Penghormatan hingga Sejarah Rasulullah

Makna Maulid Nabi Muhammad SAW Bagi Umat Islam, Penghormatan hingga Sejarah Rasulullah

Makna Maulid Nabi Muhammad SAW bagi umat Islam. Foto dokumen Panjang Jimat di Keraton Kanoman Cirebon.-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

Khaizuran merupakan sosok berpengaruh selama masa pemerintahan tiga khalifah Dinasti Abbasiyah, yaitu pada masa Khalifah al-Mahdi bin Mansur al-Abbas (suami), Khalifah al-Hadi dan Khalifah al-Rasyid (putra).

Karena pengaruh besarnya tersebut, Khaizuran mampu menggerakkan masyarakat Muslim di Arab. Hal ini dilakukan agar teladan, ajaran, dan kepemimpinan mulia Nabi Muhammad bisa terus menginspirasi warga Arab dan umat Islam pada umumnya.

BACA JUGA:SMK Al Musyawirin Gandeng KPAID Kabupaten Cirebon Cegah Bullying di Sekolah

BACA JUGA:Anak Telan Kunci Asal Indramayu Diselamatkan Tim Medis TNI AL

Makna dan Nilai peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Memperingati maulid Nabi Muhammad saw memiliki beberapa nilai dan makna, diantaranya adalah terkait dengan nilai spiritual.

Setiap insan muslim akan mampu menumbuhkan dan menambah rasa cinta pada beliau SAW dengan maulid.

Luapan kegembiraan terhadap kelahiran Nabi SAW merupakan bentuk cerminan rasa cinta dan penghormatan terhadap pembawa rahmat bagi seluruh alam sebagaimana surah Yunus; 58.

BACA JUGA:Harga PS5 Naik, Tahun Depan Hadir Dengan Desain Baru

BACA JUGA:Setelah Luhut Binsar Pandjaitan, Rocky Gerung juga Bertemu Putra Sulung Jokowi

Karena figur teladan ini diutus untuk membawa rahmat bagi seluruh alam (surah al-Anbiya’; 107). Kegembiraan Abu Jahal dengan kelahiran Nabi SAW saja dapat mengurangi siksa neraka yang ia cicipi tiap hari Senin.

Apalagi kegembiraan itu disertai dengan keimanan. Dengan memperingati maulid, kita akan sendirinya ingat dengan perintah bershalawat kepada Nabi SAW.

Allah SWT dan malaikat pun telah memberi contoh bagi kita dengan selalu bershalawat kepada beliau saw (surah al-Ahzab;56).

Dapat dipetik dengan menyimak akhlak terpuji dan nasab mulia dalam kisah teladan Nabi Muhammad SAW.

BACA JUGA:Dampak Krisis Energi Bikin Jerman Kekurangan Kertas Toilet

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: