Niri Museum Cirebon, Tak Sekadar Kuliner, Ada Sejarah Panjang Pengusaha Ternama

Niri Museum Cirebon, Tak Sekadar Kuliner, Ada Sejarah Panjang Pengusaha Ternama

Niri Dine Cafe and Else Cirebon. Terdapat museum dengan koleksi yang unik dan menarik. Foto:-Yuda Sanjaya-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON - Kehadiran Niri Cafe Dine and Else yang juga terdapat museum, menjadi perhatian baru di wilayah Kota CIREBON.

Sebab, di Niri Cafe Dine and Else, pengunjung juga bisa menikmati sebuah museum dan perjalanan panjang sosok pengusaha ternama di Cirebon.

Pendiri Niri Care Dine and Else sengaja mendedikasikan museum tersebut untuk sosok-sosok yang telah berjasa pada perusahaan dan kehidupan untuk lebih baik.

Niri Cafe Dine and Else berada di Jalan Raya Talang, persis berseberangan dengan Pasar Talang atau di belakang Bangunan Cagar Budaya (BCB) BAT.

BACA JUGA:Agama Farel Prayoga Non Muslim, Ditanya Gus Miftah Bisa Ngaji Atau Tidak, Begini Penjelasannya

BACA JUGA:Timnas Indonesia U-17 akan Hadapi Malaysia U-17, Osmera bin Omaro: Bola Itu Bundar

Museum di Niri Cafe Dine and Else tersebut menyuguhkan perjalanan panjang Liem Goan Kwie dan Ong Ang Kam Nio, juga Liem Kim Pa dan Sih Hian Nio.

Keberadaan museum tersebut memang didedikasikan untuk sosok-sosok itu. Yang telah bekerja keras menghadirkan kualitas kehidupan yang lebih baik bagi generasi penerus mereka.

Niri bermula dari Perusahaan Dagang NV Liem Hoan Kwie yang didirikan tahun 1919 di Tegal, Jawa Tengah. Perusahaan ini memulai kiprahnya dengan berdagang hasil bumi seperti gula, beras, kedelai dan kapuk.

Kemudian di tahun 1929, Lim Goan Kwie mulai membangun reservoir tetes tebu di Tegal. Hal tersebut sesuai dengan dokumentasi yang ditulis oleh De Locomotief, 1, Maret 1929.

BACA JUGA:AC Milan Cukur Juventus 2-0, Massimiliano Allegri Kecewa

BACA JUGA:Yusuf Mansur Ngaku Komisaris Grab, Sekarang Diralat Jadinya Advisor

Perusahaan tersebut terus berkembang. Bahkan pada 1934 telah menjadi importir mobil tipe baby car merk Triumph untuk seluruh kawasan Hindia Belanda.

Usaha tersebut tidak berhenti berkembang dan tahun 1936 NV Liem Hoan Kwie telah memulai produksi ban sepeda dan alas karet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: