Semarak Bazar dan Kuliner Pemuda GSP Cirebon, UMKM Ikut Menggeliat

Semarak Bazar dan Kuliner Pemuda GSP Cirebon, UMKM Ikut Menggeliat

Bazar dan kuliner pemuda GSP Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon. -Iman Sudarman-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON - Bazar dan kuliner (Bakul) yang kembali digelar pemuda kompleks perumahan Griya Sunyaragi Permai (GSP) Kelurahan Karyamulya, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Minggu (23/10), berjalan semarak.

Kegiatan kali ketiga ini, disambut antusias masyarakat dan pelaku UMKM yang membuka stand di lokasi sepanjang ruko di Jalan Mahoni Raya itu.

Pantuan di lapangan, masyarakat sudah memadati lokasi Bakul sejak pagi pukul 06.30 WIB. Aneka produk kuliner tersaji di arena Bakul.

Mulai dari masakan tradisional seperti gudeg, bakso, masakan kekinian seperti sate taichan dan dinsum, jajanan tradisonal, sayuran hidroponik, minuman segar, kue kekinian hingga produk fashion. Acara bertambah semarak dengan kehadiran musik akustik.

BACA JUGA:Holding Ultra Mikro Bawa Misi Bebaskan Pelaku Usaha Dari Jerat Rentenir

BACA JUGA:Angin Kencang di Ciwaringin Cirebon, Pohon dan Tiang Listrik Tumbang

Tidak hanya itu, panitia bekerjasama dengan STIKes Mahardika Cirebon juga menggelar pemeriksaan kesehatan gratis, berupa pemeriksaan tensi, gula darah hingga kolesterol.

"Pemeriksaan kesehatan gratis ini adalah bentuk pengabdian masyarakat. Kami rutin menggelar pemeriksaan kesehatan gratis seperti di Attaqwa dan kepolisian."

"Nah, kebetulan di GSP ada kegiatan bazar dan kuliner kami ikut berpatisipasi membuka stand pemeriksaan kesehatan gratis bagi pengunjung disini,” ujar Ketua STIKes Mahardika Dr Hj Yani Kamasturyani di sela kegiatan.

Sementara itu, Penanggung Jawab Kegiatan Tri Hartarto Subagja didampingi Ketua Panitia Bayu Ajie mengatakan, sejak digelar pada Minggu (18/9), arena Bakul disambut antusias pelaku UMKM dan menyedot pengunjung baik dari GPS maupun luar kompleks perumahan.

BACA JUGA:Luthfi Absen, RHB diteriaki Bupati Cirebon

BACA JUGA:Fakultas Pertanian UGJ Kembangkan Teknologi Pertanian Organik Metode Purba

Pria berkacamata yang akrab disapa Tri ini menyatakan, kegiatan Bakul ini bertujuan untuk memberikan ruang kepada para pelaku UMKM agar mereka mampu berinovasi dan berkembang. Kedepan, pihaknya terus melakukan pendampingan bagi pelaku UMKM.

“Kami pemuda dan pemudi GSP ingin memfasilitasi pelaku UMKM dengan mengadakan program bazar dan kuliner. Kami juga melibatkan pelaku UMKM disini jika ada event-event di luar,” ujar Tri sambil menyatakan, pemuda GSP terus berupaya mencari ciri khas yang menarik di lokasi Bakul.

Sementara itu, Ketua Panitia Bayu Ajie menambahkan, kegiatan Bakul ini sangat luar biasa.

“Ini ketiga kalinya Pemuda GSP menggelar Bakul. Kegiatan ini amazing, setiap kegiatan berlangsung pelaku UMKM bertambah dan alhamdulillah jualannya laku dan banyak yang beli. Bahkan, banyak pelaku usaha dari kalangan anak muda,” ujar Bayu.

BACA JUGA:Hafiz Faturrahman Adik Irwansyah Masuk DPO, Jika Ketemu Hubungi Nomor Ini

BACA JUGA:Fatayat NU Kota Cirebon Peringati Hari Santri Nasional di Pasar Modern

Untuk menghindari kebosanan, pihaknya akan menggelar acara Bakul satu pekan sekali di minggu ketiga setiap bulannya.

Bayu berharap, kegitan Bakul ini menjadi bagian dari solusi ekonomi pelaku UMKM sehingga usahanya semakin menggeliat.

“Semoga dengan kegiatan Bakul ini kegiatna usaha UMKM semakin menggeliat dan warga tahu tempat jualan, tidak perlu lagi jauh-jauh keluar GSP karena di arena Bakul ini menyediakan aneka kuliner dan kerajinan UMKM yang dibutuhkan mereka,” ujar Bayu yang juga mahasiswa program pascasarjana UGJ ini. (Iman Sudarman)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: