Taman Pedati Gede Pekalangan Cirebon, Replika Sudah Sampai, Ada Ritual Proses Perakitan, Pekerja 7 Orang

Taman Pedati Gede Pekalangan Cirebon, Replika Sudah Sampai, Ada Ritual Proses Perakitan, Pekerja 7 Orang

Taman BAT dan Monumen Replika Pedati Gede Pekalangan Cirebon yang kini memasuki tahap perakitan.-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON – Taman Pedati Gede Pekalangan Cirebon mendekati selesai dan terlihat replika pedati bahkan sudah sampai di Kota Cirebon dan ditempatkan di bagian monumen, tepat di Hari Pahlawan, 10, November 2022.

Kini replika Pedati Gede Pekalangan Cirebon, sedang dalam proses perakitan di bagian display yang ada di Taman BAT, Jl Pasuketan.

Kepala DPRKP Kota Cirebon, Wandi Sofyan mengatakan, Revitalisasi Taman BAT dan replika Pedati Gede Pekalangan diharapkan dapat selesai sesuai target. 

“Tadi menjelang subuh sudah sampai di Kota Cirebon. Alhamdulillah sesuai rencana dan sekarang masuk proses perakitan,” tutur Wandi, kepada radarcirebon.com.

BACA JUGA:Drama Kebaya Merah: Pemeran Wanita Pasien Rumah Sakit Jiwa, Sempat Rawat Jalan

BACA JUGA:Kuota PPPK Guru di Kabupaten Cirebon Berkurang, Ketua PGRI Tebar Ancaman

Ritual Adat Leluhur Cirebon

Menurut Wandi, karena memiliki nilai sejarah dan menyangkut leluhur Cirebon, meski hanya replika tetapi proses pengerjaan Pedati Gede Pekalangan juga dilakukan ritual-ritual adat.

“Kami mengikuti arahan dari para sesepuh dan kuncen, karena bernuansa sejarah dan budaya juga melaksanakan ritual yang disyaratkan,” kata Wandi, ditemui di Taman BAT.

Misalnya, kata Wandi, pada hari ini, ditetapkan bahwa replika Pedati Gede Pekalangan harus mulai dirakit pukul 09.00 WIB. Hal tersebut menurut petunjuk dari pemuka adat.

Berikutnya, mereka yang bekerja hanya boleh 7 orang. Karena itu, pekerja yang terlibat sesuai dengan jumlah yang ditentukan.

BACA JUGA:Bos Kain Tegalgubug Minta Maaf, Berharap Diterima Keluarga setelah Curi Emas Mertua

BACA JUGA:4 Fakta Bos Kain Pasar Tegalgubug Cirebon Rampok Rumah Mertua, Sungguh Menantu yang Tidak Bersyukur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: